Follow our news chanel

Polisi amankan bom sisa Perang Dunia II di Sentani dan Kaimana

Ilustrasi, benda-benda sisa peninggalan Perang Dunia II yang disimpan di sebuah ‘museum’ di Biak – Jubi/merahputih.com
Polisi amankan bom sisa Perang Dunia II di Sentani dan Kaimana 1 i Papua
Ilustrasi, benda-benda sisa peninggalan Perang Dunia II yang disimpan di sebuah ‘museum’ di Biak – Jubi/merahputih.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Polisi menyita satu coolbox bom diduga peninggalan tentara Jepang pada Perang Dunia II, di Kabupaten Kaimana, Papua Barat.

“Semua ada 12 buah, dikemas dalam satu coolbox. Ini diamankan oleh tim dari Polsek Pelabuhan bersama petugas Kesatuan Pengamanan Pelabuhan Laut saat ada kapal sandar,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat, Polda Papua Barat, AKBP Mathias Krey, di Manokwari, Senin (1/7/2019).

Pada operasi tersebut polisi juga mengamankan seorang pria yang membawa coolbox berisi bom ini. Pemeriksaan dilakukan untuk menelusuri asal muasal serta motif pelaku.

Krey menjelaskan dari keterangan pembawa bom, benda berbahaya itu bukan miliknya. Benda sisa Perang Dunia II ini hendak dikirim ke Tual Maluku Tenggara melalui kapal motor Erana yang sandar saat itu.

“Polres Kaimana masih menyelidiki pemilik barang bukti tersebut. Ini barang berbahaya, tidak boleh dimiliki sembarangan apalagi dijualbelikan,” katanya lagi.

Menurutnya, kasus penemuan bom peninggalan Perang Dunia II sering terjadi di wilayah Papua Barat. Dari kasus yang selama ini yang ditangani, bom-bom tersebut masih aktif.

Loading...
;

“Untuk kasus pengiriman dari Papua Barat keluar, sangat jarang dan hampir tidak ada. Tim dari Polres Kaimana masih mengembangkan kasusnya,” katanya.

Selain mengungkap kasus tersebut, lanjut Krey, penyitaan dan penyelidikan dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan yang dapat membahayakan banyak orang.

“Kami belum tahu motivasinya, masih didalami untuk mengungkap siapa pemiliknya. Polisi patut curiga, pemeriksaan barang bukti juga akan dilakukan untuk memastikan apakah semua masih aktif atau tidak,” ujarnya lagi.

Mantan Kapolres Teluk Wondama ini mengimbau masyarakat tidak mengambil tindakan sendiri saat menemukan bom sisa perang di lingkungannya. Disarankan untuk segera menyampaikan informasi kepala kantor polisi terdekat jika mendapati bom.

“Tidak semua orang memahami bom sisa perang. Bayangkan kalau bom itu meledak ketika salah penyimpanan. Banyak orang yang bisa jadi korban,” katanya lagi.

Sementara itu, Okta Lompoloang (29) warga Sentani yang bekerja sebagai operator excavator, menemukan bom berukuran satu meter yang diperkirakan sisa Perang Dunia II, saat melakukan pengerjaan penggalian pondasi pagar milik PT Alda Air di Sentani, Kabupaten Jayapura.

Kapolsek Kawasan Bandara Sentani, Ipda Baharudin Buton, di Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (29/6/2019) mengemukakan penemuan bom peninggalan Perang Dunia II itu di tanah milik PT Alda Air, tepatnya di belakang SD Inpres Yabaso Sentani, pada Jumat (28/6/2019).

“Awalnya saksi Okta Lompoloang (29) yang juga operator excavator melakukan pengerjaan penggalian pondasi pagar milik PT Alda Air,” katanya.

Baharudin menjelaskan saat operator excavator sedang menggali tanah kemudian menemukan sebongkah besi yang ternyata sebuah bom.

“Operator excavator langsung melaporkannya ke kami,” katanya.

Ketika mendapat laporan, kata dia, pihaknya langsung menuju tempat kejadian perkara (TKP) dan memastikan bahwa memang benar benda tersebut adalah bekas bom peninggalan Perang Dunia II.

“Kami langsung meminta bantuan Tim Gegana Brimob Polda Papua untuk melakukan pengecekan fisik,” katanya.

Setelah Tim Gegana Brimobda Polda Papua tiba di TKP, mereka langsung melakukan pengecekan fisik terhadap bom tersebut.

Dari pengecekan yang dilakukan, kata dia, panjang bom tersebut berukuran 1,33 meter dengan diameter 40 centimeter dan berat 85 kilogram. Sisa bom itu langsung dievakuasi ke Mako Brimob Polda Papua. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top