Follow our news chanel

Previous
Next

Polisi sebut situasi di Banti Tembagapura sudah kondusif

papua
Ilustrasi pixabay.com
Polisi  sebut situasi di Banti Tembagapura sudah kondusif 1 i Papua
Ilustrasi pixabay.com

Sebelumnya sempat terjadi kontak tembak antara aparat dengan kelompok bersenjata pada malam pergantian tahun, Rabu (1/1/2020) dini hari.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Timika, Jubi– Kepala Kepolisian Resor Mimika, Papua, AKB I Gusti Gede Era Adhinata, menegaskan situasi di Kampung Banti, Distrik Tembagapura sudah kondusif. Tercatat sebelumnya sempat terjadi kontak tembak antara aparat dengan kelompok bersenjata pada malam pergantian tahun, Rabu (1/1/2020) dini hari.

“Situasi di Banti Tembagapura sudah kondusif. Pascakejadian itu tidak ada lagi penembakan,” kata Era Adhinata, Jumat, (3/1/2020).

Baca juga Lagi, penembakan terjadi di Tembagapura

Penembakan terjadi lagi di Tembagapura, seorang karyawan Freeport terluka

Menurut Warga Utikini, Penembakan Dua Brimob di Tembagapura Karena Bisnis Miras

Loading...
;

Ia mengakui sempat terjadi kontak tembak sekitar satu jam antara personel Brimob Polda NTT yang mengamankan Pos Satgas Aman Nusa di Kampung Banti 1 dengan kelompok bersenjata Kali Kopi pada Rabu (1/1/2020) malam.

“Sempat terjadi kontak tembak mulai pukul 24.00 sampai pukul 01.00 WIT. Kelihatannya mereka mau coba-coba saja, apakah di pos-pos kita ada pengamanan dari anggota atau tidak,”  kata Era Adhinata menambahkan.

Menurut dia, pengamanan di wilayah sekitar Kota Tembagapura seperti Kampung Banti 1, Banti 2, Opitawak, Kimbeli dan Utikini Lama cukup kuat melibatkan sekitar seribuan personel gabungan terdiri atas Satgas Amole dan Satgas Aman Nusa. Penempatan personel Brimob dari beberapa Satgas di kampung-kampung sekitar Tembagapura itu untuk mencegah kelompok bersenjata masuk dan menyerang obyek vital PT Freeport Indonesia di Tembagapura dan sekitarnya.

“Pos yang ditembaki di Kampung Banti 1 pada malam pergantian tahun itu salah satu perimeter kita supaya kelompok ini tidak sampai masuk ke areal Tembagapura. Setiap pos dijaga sekitar 200 personel, ada beberapa pos,” kata Adhinata menjelaskan.

Kapolsek Tembagapura Ajun Komisaris Hermanto, mengakui sempat terjadi dua kali kontak tembak antara aparat Brimob Polda NTT yang berjaga di Pos Satgas Aman Nusa Kampung Banti 1 dengan kelompok bersenjata pada malam pergantian tahun.

“Kejadian pertama berlangsung pukul 00.05 WIT dimana terdengar enam kali bunyi letusan senjata api mengarah di sekitar Block C Kampung Banti 1,” kata Hermanto.

Personel Brimob Polda NTT yang menggelar pengamanan di lokasi itu segera membalas tembakan. Ia menjelaskan segera datang ke Kampung Banti 2 menggunakan kendaraan antipeluru.

“Selanjutnya sekitar pukul 01.20 WIT terdengar lagi bunyi letusan senjata tapi di Kampung Banti 1 sebanyak 10 kali,” katanya. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top