HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Polisi tahan seorang terduga perusak kantor Bupati Waropen

Ilustrasi borgol, pixabay.com
Polisi tahan seorang terduga perusak kantor Bupati Waropen 1 i Papua
Ilustrasi borgol, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Aparat Polres Nabire berhasil menahan satu dari sejumlah warga yang diduga sebagai dalang perusakan dan upaya pembakaran kantor Bupati Waropen, Papua pada Jumat, (6/3/2020) pekan lalu.

“Hari ini kami sudah berhasil menahan seorang penggerak atau koordinator lapangan. Itu baru satu dari 13 yang sudah teridentifikasi oleh penyidik,” kata Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw, Senin, (9/3/2020) kemarin .

Polisi tahan seorang terduga perusak kantor Bupati Waropen 2 i Papua

Baca juga : Polisi terus selidiki pengrusakan Bandara Sorong 

Kapolda Papua perintahkan tangkap pelaku pengrusakan rumah di Koya 

Polisi sedang usut pengrusakan kantor KPU Jayawijaya

Waterpauw menyebutkan dugaan penggerak massa yang ditahan itu akan dimintai sejumlah keterangan guna mengetahui motif apa dibalik tindak kriminal tersebut.

Loading...
;

“Prinsipnya bahwa kami adalah penegak hukum dan kami akan berkerja sesuai dengan kejadian tersebut mulai dari TKP. Jadi, tidak ada siapa melakukan apa dan bagaimana dia harus mempertanggung jawabkan perbuatan itu,” kata Waterpauw, menambahkan

Ia menegaskan aksi tersebut tidak akan membuat roda pemerintahan Kabupaten Waropen. Pemerintahan tetap berjalan, karena dari penyampaian pemerintah daerah melalui Asisten 1 bahwa kejadian tidak berpengaruh terhadap roda pemerintahan.

“Dari semua aspek tetap berjalan seperti pemerintahan tetap jalan, pendidikan, kesehatan dan pelaku-pelaku ekonomi tetap jalan,” kata Waterpauw menjelaskan.

Menurut dia masyarakat sudah memahami siapa yang melakukan anarkis. Sedangkan garis polisi di Kantor Bupati Waropen sudah bisa dibuka karena sudah cukup beberapa alat bukti dan petunjuk-petunjuk yang diinginkan.

Tim Inavis dari Polda Papua juga sudah turun melakukan pemeriksaan, sehingga diharapkan kepada Bupati dan Wakil Bupati Waropen agar kembali berkantor.

Ia menilai sekelompok warga yang melakukan pengerusakan dan upaya pembakaran kantor tidak ada upaya pencurian dan pengambilan barang-barang.

“Namun ada dokumen yang ingin mereka bakar. Ada kekuatan yang ingin melawan hukum yang dilakukan oleh beberapan pihak,” katanya. (*)

Editor : Edi Faisol

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa