Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

PON XX diundur, PB PON: Anggaran tak bisa dialihkan

Ilustrasi Stadion Utama PON Papua di Kampung Harapan – Jubi. Dok
PON XX diundur, PB PON: Anggaran tak bisa dialihkan 1 i Papua
Ilustrasi Stadion Utama PON Papua di Kampung Harapan – Jubi. Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Makassar, Jubi – Ketua harian Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional atau PB PON XX di Papua, Yunus Wonda menyatakan meski pelaksanaan PON di Bumi Cenderawasih diundur, namun anggarannya tak dapat dialihkan.

Pernyataan itu dikatakan Yunus Wonda terkait adanya saran dari berbagai pihak agar anggaran pelaksanaan PON Papua dialihkan untuk penanganan pandemi Covid-19 di Papua.

Saran itu disampaikan beberapa pihak, setelah Presiden Joko Widodo atau Jokowi secara resmi memutuskan menunda pelaksanaan PON XX.

Pelaksanaan iven olahraga nasional empat tahunan yang mestinya digelar akhir Oktober hingga November 2020, diundur hingga November 2021 mendatang.

“Pelaksanaan PON memang ditunda, namun anggarannya tidak bisa digeser (dialihkan) untuk membiayai kegiatan lain, karena persiapan pelaksanaan PON tetap jalan. Misalnya pengadaan peralatan,” kata Yunus Wonda melalui panggilan teleponnya, Kamis (30/4/2020).

Wonda mencontohkan, kini ada anggaran sebesar Rp 100 miliar di rekening PB PON Papua. Akan tetapi,  anggaran tersebut tak dapat dialihkan penggunaannya karena akan digunakan untuk pengadaan peralatan.

Loading...
;

Menurutnya, butuh waktu empat hingga tujuh bulan untuk pengadaan peralatan kebutuhan pelaksanaan PON XX, lantaran peralatan tersebut mesti didatangkan dari luar negeri.

“Tahun ini semua peralatan kebutuhan PON mesti tersedia, termasuk venue. Selain itu, anggaran Rp 2 triliun untuk pelaksanaan PON, masih ada pada Pemprov Papua. Kalau anggaran penanganan Covid-19, saya pikir pemerintah sudah memperhitungkan itu karena masalah penggunaan anggaran merupakan kewenangan eksekutif,” ucapnya.

Pemprov Papua telah menganggarkan pelaksanaan PON XX sebesar Rp 4 miliar. Akan tetapi anggaran sebesar Rp 2 miliar baru akan direalisasikan dalam APBD perubahan Provinsi Papua tahun anggaran 2020.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal belum lama ini mengatakan sah-sah saja jika anggaran PON XX dialihkan untuk penanganan Covid-19. Akan tetapi pergeseran anggaran mesti mendapat persetujuan DPR Papua.

“Untuk saat ini sumber pendanaan Pemprov Papua dalam menanggulangi corona, masih bersumber dari anggaran belanja tidak terduga yang dialokasikan dalam APBD Papua 2020. Belum ada sepeser pun anggaran PON yang dialihkan untuk penanganan Covid-19,” kata Klemen Tinal.

Namun menurutnya, jika kondisi mendesak Pemprov Papua dapat berkoordinasi dengan DPR Papua agar legislatif menggelar sidang APBD perubahan tahun anggaran 2020. (*)

Editor: Edho Sinaga

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top