PON XX jadi tantangan bagi Jurnalis di Papua

Papua
Peserta Pelatihan Jurnalis Peliput PON XX saat foto bersama salah satu pemateri, Rijsa Gubarda Planadiriksa, eks Panitia PB PON XIX Jawa Barat Bidang Penyiaran dan Pelayanan Media (PPM) dan Manajer Media Center Utama PON XIX Jabar tahun 2016 / Istimewa

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua pada Oktober mendatang dinilai akan menghadirkan tantangan bagi para jurnalis di 4 klaster yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.

Pasalnya, hajatan PON XX ini menjadi iven empat tahunan olahraga Nasional untuk pertama kalinya di Tanah Papua.

Dijelaskan Mantan Jurnalis Harian Kompas yang saat ini menjadi Redaktur Jubi.co.id, Aryo Wisanggeni, PON XX akan memberikan tantangan tersendiri bagi para jurnalis Papua dalam peliputan seputar olahraga dengan berbagai macam cabangnya.

“Menurut saya ini akan menjadi tantangan bagi teman-teman jurnalis, karena biasanya kita meliput kejuaraan hanya satu cabang olahraga. Sementara di PON ini ada banyak cabang olahraga dan banyak medali yang diperebutkan. Karena bagaimanapun, kalau kita ingin menyajikan informasi bagi pembaca, pemirsa, dan pendengar, kita harus tahu apa yang diliput,” ujar Aryo kepada wartawan di Jayapura termasuk Jubi, Jumat (22/1/21).

Lewat pelatihan peliputan PON XX, Aryo berharap bisa menjadi acuan bagi kurang lebih 100 wartawan yang berasal dari 4 klaster dalam memacu diri masing-masing untuk mempelajari banyak hal tentang dunia olahraga per cabangnya dengan tiap-tiap aturannya.

“Karena ada banyak cabang olahraga yang tidak dipertandingkan sebelumnya di Papua. Tetapi saat ini, Papua punya fasilitas yang bahkan telah terverifikasi standar internasional. Jadi akan ada banyak event olahraga yang bakal digelar di Papua,” tutur wartawan senior yang pernah meliput berbagai ajang olahraga nasional dan internasional.

Kata Aryo, tugas media juga merupakan salah satu kunci kesuksesan penyelenggaraan PON, karena ada pencapaian dan kompetisi yang perlu dikabarkan. Oleh karena itu, dirinya optimistis melalui pelatihan peliput PON ini, para jurnalis Papua bisa bekerja secara maksimal.

Loading...
;

“Memang tidak mudah juga bagi jurnalis yang bukan dari latar belakang olahraga. Tapi, setiap pelaksanaan PON juga pasti ada jurnalis yang tidak sehari-hari meliput olahraga. Karena PON adalah iven yang sangat besar, tidak akan cukup kalau hanya mengandalkan jurnalis olahraga,” akunya.

Dirinya juga menyarankan agar para jurnalis olahraga bisa saling berbagi dengan rekan jurnalis yang tidak berlatar belakang rubrik olahraga.

“Tentunya, bagi teman-teman jurnalis yang sehari-hari meliput olahraga bisa berkoordinasi dengan jurnalis lain, karena mereka sudah punya bayangan meliput kompetisi atau kejuaraan. Tapi saya yakin saat ini, kita sudah punya banyak referensi cabang olahraga, jadi bisa mulai dipelajari. Semua prinsip jurnalistik dasarnya sama, memang ada hal-hal teknis yang seharusnya bisa dipelajari dan menjadi referensi,” pungkasnya.

Sementara itu, Rijsa Gubarda Planadiriksa, eks Panitia PB PON XIX Jawa Barat Bidang Penyiaran dan Pelayanan Media (PPM) dan Manajer Media Center Utama PON XIX Jabar tahun 2016 mengatakan, pelatihan jurnalis peliput PON XX yang digelar oleh Bidang Humas dan PPM PB PON Papua merupakan sebuah kemajuan dibanding perhelatan PON-PON sebelumnya.

“Saya pikir pelatihan jurnalis khusus olahraga ini merupakan sebuah kemajuan dibanding PON sebelumnya,” ujarnya.

Mengenai venue-venue PON yang telah dibangun, dirinya juga melayangkan pujian. Karena meskipun di tengah gangguan pandemi Covid-19, pengerjaan venue-venue tetap berjalan lancar.

“Saya pikir sudah sangat bagus, karena penundaan PON jadi bisa diselesaikan semua. Soalnya dulu di PON sebelumnya, ada satu atau dua venue yang belum selesai pengerjaannya. Kalau di Papua ini sudah sangat siap semuanya,” ujarnya.(*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top