PON XX: Targetkan 5 medali emas, begini kesiapan Tim Dayung Papua

papua-ponxx-dayung-medaliemas
Tim dayung Papua / Dok. Josua Pattirane

 

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tim dayung Papua kini tengah gencar mematangkan persiapan menuju perhelatan pesta olahraga akbar di Indonesia, PON XX tahun 2021 mendatang dengan memusatkan latihan di kawasan Danau Sentani, Kabupaten Jayapura.

Pengurus provinsi Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Papua mematok target 5 medali emas bagi tim dayung Papua pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

Target tersebut terbilang realistis. Ini mengingat tim dayung Papua sendiri sebelumnya sukses mendulang 5 medali emas pada ajang Pra PON XX di Jawa Barat, 2019 lalu.

“Kita targetkan 5 medali emas. Karena di Pra PON yang digelar di Waduk Cipule, Karawang, tim kita dapat 5 medali emas,” ujar Ketua Harian PODSI Papua, Ganda Siregar kepada Jubi, Rabu (9/12/20).

Hingga saat ini, perkembangan kesiapan tim dayung Papua kian progresif. Selain terus berlatih di masa pandemi Covid-19, mereka juga baru saja melakukan tes mandiri pada Oktober lalu untuk mengukur kesiapan para pedayung di masing-masing nomor.

Ganda mengatakan, berkaca pada persiapan 52 atletnya dari total 40 nomor yang akan diikuti, tim dayung Papua saat ini sudah benar-benar siap menatap PON XX.

Loading...
;

“Pada dasarnya, kita tim dayung sudah sangat siap. Kalau sekarang kita ada sekitar 52 atlet yang melaksanakan TC di nomor canoeing/kayak dan perahu naga. Kita ikut semua nomor. Nanti awal Januari akan kita tes ulang untuk menentukan tim inti,” jelasnya.

Andalkan atlet asli Papua dan Danau Sentani

Target tim dayung Papua untuk meraih 5 medali emas di rumah sendiri bukan muluk-muluk. Pada PON XIX Jawa Barat tahun 2016 lalu, tim dayung Papua sanggup mempersembahkan 7 medali.

Diperkuat 95 persen atlet asli Papua, tim dayung Papua punya potensi besar mendulang medali PON XX. Terlebih, 9 atlet mereka kini tengah masuk dalam Pelatnas untuk memperkuat Indonesia di ajang SEA Games.

“Kesiapan kita sampai saat ini cukup baik, atlet kita sudah menunjukkan perkembangan pada saat kita melaksanakan tes ivent bulan oktober lalu. Ada 9 atlet kita yang dipanggil untuk mengikuti seleksi timnas untuk persiapan SEA Games tahun 2021 di Jatiluhur, Jawa Barat, putri 6 dan putra 3,” ujar pelatih kepala tim dayung Papua, Josua Pattirane.

Meski tak mau sesumbar, Josua tetap optimistis timnya bisa mencapai target yang diberikan. “Kami target 5 medali emas untuk PON XX tahun 2021. Kami para pelatih optimis atlet-atlet kami bisa meraih prestasi di rumah sendiri,”.

Sebagai salah satu cabor potensial bagi Papua, tim dayung juga punya kebiasaan unik. Mereka lebih memilih melakukan pemusatan latihan di rumah sendiri ketimbang harus ke luar daerah.

Faktor Danau Sentani menjadi alasannya. Danau yang membentang di bawah kaki Pegunungan Cycloop Sentani, Kabupaten Jayapura itu dianggap sebagai medan tempa yang ideal bagi para pedayung.

Tim dayung Papua hanya akan berlaga di luar daerah jika ada kejuaraan nasional maupun turnamen-turnamen daerah yang hendak diikuti.

“Kita jarang try out ke luar daerah, kita dari PON ke PON jarang try out karena kita punya danau sentani ini memenuhi syarat dan medan yang pas,” kata Vines Kambay, pelatih dayung Papua nomor kayak putri.

Vines pun yakin anak asuhnya bisa mendapatkan hasil yang sesuai harapan. Bertindak sebagai tuan rumah, Vines optimis tim dayung putri bisa menyumbangkan medali emas PON XX.

Peak performa atlet kita sudah 100 persen. Perkembangan mereka sudah sangat bagus dan mereka sangat siap menghadapi PON. Kita berharap tahun depan persiapan kita sudah semakin optimal. Di nomor kayak putri saya optimis, kita akan berusaha untuk tunjukan yang terbaik dan memenuhi target yang sudah dipatok,” ujar Vines.

Ivon Marlin Dike, salah satu atlet dayung Papua di nomor kayak 4 putri juga mengaku optimistis, ia dan rekan-rekannya bisa menuai hasil positif pada perhelatan PON XX. Dirinya ingin mempersembahkan prestasi terbaik bagi Tanah Papua di rumah sendiri.

“Kami sudah siap, dan sangat optimistis untuk menghadapi PON XX. Ini adalah PON kedua bagi saya, dan saya akan berusaha melakukan semaksimal mungkin untuk memberikan hasil terbaik di PON XX,” . (CR4)

Editor: Syam Terrajana

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top