HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

PON XX: Targetkan lima medali emas, arena latihan selam penuh sampah

 

Maskot PON 2020 di Papua – dok. Jubi

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Persatuan Olah raga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Papua menargetkan meraih lima mendali emas dari cabang olah raga selam laut dan kolam, pada Pekan Olah raga Nasional (PON) XX tahun 2020.

Ketua POSSI Papua, Gilbert Yakwart mengatakan selain pembinaan atlet pihaknya juga tengah mempersiapkan para atletnya menghadapi PON 2020.

“Pada PON Jawa Barat (Jabar) 2016, kita mendapatkan dua medali emas. Nah, saat ini kita sebagai tuan rumah jadi harus bisa memperbaikinya. Kami target lima medali emas,” kata Gilbert.

Guna mewujudkan medali tersebut, pelatih kepala tim POSSI Papua, Absentinus Sembiring berharap ada kerjasama dari semua pihak untuk tidak mencemari laut khususnya di depan kantor Gubernur Papua. Karena di lokasi tersebut dijadikan venue latihan pagi para atlet selam dan renang laut.

“Kendala utama saat latihan adalah sampah dan juga biodata laut yaitu ubur-ubur. Persoalan ubur-ubur ini, kami sendiri belum menemukan obat atau salep kulit yang tepat untuk menghilangkan rasa gatal dan nyeri pada kulit. Hampir sebagian besar para atlet tersengat ubur-ubur,” kata Sembiring, Rabu (4/3/2020).

Loading...
;

Mistaful Muhabidin salah seorang atlet Selam pada nomor Orientasi Bawah Air (OBA) menambahkan, kendala yang mereka hadapi ketika latihan adalah banyaknya binatang laut yang sangat memberikan dampak terhadap latihan baik pada latihan pagi hari maupun sore hari.

“Tapi kami tetap semangat dan terus berlatih sekalipun harus merasa gatal dan perih saat badan bersentuhan dengan ubur-ubur,” ujarnya.

Kendala lain, kata Mistaful adalah sampah berupa botol plastik, kantong plastik, ampas kayu, gabus, dan sampah yang mengambang di atas permukaan laut.

“PON sudah di depan mata, saya dan teman-teman tetap fokus,” kata peraih medali emas di nomor OBA pada PON XIX Jawa Barat.

Baca juga  Woodball Papua Sumbang Dua Medali Emas di PON XIX Jawa Barat

Atur Venue Renang dan Selam Laut

Pelatih kepala tim POSSI Papua, Absentinus Sembiring mengatakan, dalam waktu dekat akan dilakukan tinjau venue khusus nomor Laut (Renang Permukaan) dan nomor OBA (Orientasi Bawa Air) oleh KONI Papua dan tim Pusat Latihan Provinsi Papua (Puslatprov) KONI Papua bersama instansi terkait.

“Venue-nya tepat berada di pantai Kantor Gubernur Dok II, Jayapura yang merupakan jalur lintasan kapal penumpang. Peninjauan ini juga akan menentukan apakah lokasi tersebut layak atau tidak,” katanya.

Dikatakan, pihaknya sudah meminta kepada KONI Papua untuk berkoordinasi dengan PELNI dan juga Syahbandar terkait dengan pengaturan jadwal masuk dan keluar kapal, baik itu kapal PELNI maupun kapal barang.

“Masuknya kapal-kapal tersebut harus disesuaikan dengan waktu pelaksanaan lomba (PON). Karena kalau hal ini tidak dilakukan maka sangat akan mengganggu proses lomba nantinya. Kami berharap, hasilnya sudah ada sehingga pelaksanaannya nanti tidak terjadi,” ujarnya.

Untuk kesiapan atlet sendiri, menurut Sembiring, seluruh atlet dalam kondisi fit dan siap tempur.

“Ada 10 atlet yang terdiri dari 5 putra dan 5 putri yang telah mengikuti latihan sejak 2019 lalu hingga ke tingkat Pra PON di Jawa Timur. (*)

Editor; Syam Terrajana

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa