Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Popnas: Akhirnya Papua raih medali emas Popnas XV

Atlet dayung Papua meraih medali emas di Popnas XV 2019 Jakarta. – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kontingen Papua akhirnya meraih medali emas Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV Jakarta 2019. Raihan itu dicapai tim dayung Papua yang meraih medali emas dari nomor perlombaan canoeing jarak 1.000 meter putri setelah memenangi partai final di Danau Cipule Karawang, Jawa Barat, Minggu (24/11/2019). Tim dayung Papua juga meraih satu medali perak dari nomor canoeing (C1) putri, dan satu perunggu dari nomor canoeing (K1) putri.

Tim dayung canoeing 1.000 meter yang diperkuat Anita Wambrauw, Ester Daimoi, Enjelina Koibur dan Lea Laste Entong, berhasil finis dengan catatan waktu 4.08 menit, disusul Kalimantan Selatan 4.11 menit, dan Jawa Barat 4.12 menit.

Sementara di nomor canoeing (C1) putri, medali perak diraih Herlin April Lali. Sedangkan medali perunggu diraih Anjelina Koibur di nomor canoeing (K1) putri.

Erni Sokoy, Pelatih Dayung Popnas Papua mengaku sangat bersyukur atas prestasi yang dicapai tim dayung Papua. Ia menyebut para peraih medali rata-rata merupakan atlet baru dan hanya melakukan persiapan selama tiga bulan.

“Kami sebelumnya target dua medali emas, tapi hanya dapat satu. Kami mohon maaf kepada Dinas Pemuda dan Olahraga dan masyarakat Papua karena tidak bisa mewujudkan target tersebut. Akan tetapi saya sangat bangga dengan atlet dayung Papua. Walaupun mereka baru tapi bisa memberikan persaingan kepada atlet pelatnas dari provinsi lain,” sambungnya.

Dari cabang olahraga dayung Popnas Jakarta, tim Jawa Barat keluar sebagai juara umum dengan mengumpulkan medali empat emas, lima perak dan satu perunggu. Peringkat kedua diraih Jambi dengan empat medali emas, satu perak dan satu perunggu. Tim Sulawesi Tengah berada di peringkat ketiga dengan dua medali emas dan satu perunggu.

Loading...
;

Tim Kalimantan Tengah berada di peringkat keempat, dengan raihan dua medali emas,  disusul tim DKI Jakarta yang memenangi satu emas, tiga perak, dan satu perunggu. Tim Jawa Tengah berada di peringkat keenam, dengan raihan satu emas, dua perunggu, diikuti tim Papua yang mendapat satu medali emas, satu perak, dan satu perunggu. Satu medali emas lainnya dimengani tim dayung Maluku.

Dari di cabang Judo, atlet pelajar Papua kembali menyumbang dua medali perunggu melalui Sisie Febrianti Sibi (kelas -63 kg putri) dan Silvana M Meraudje (kelas +63 kg putri). Prestasi Sisie Febrianti Sibi dan Silvana M Meraudje itu menggenapi pretasi Maria Usor yang pada Sabtu (23/11/2019) meriah perunggu dari kelas -52 kg putri. Dengan demikian total medali yang berhasil raih tim Judo Papua sebanyak 3 medali perunggu.

Vince Youwe, Asisten Pelatih Judo Popnas Papua mengaku bersyukur atas hasil itu. Ia akan terus memotivasi kedua atlet agar tak cepat puas dengan hasil yang dicapai hari ini. “Tentunya kami dorong supaya mereka tetap berlatih dan bekerja keras untuk mengukir prestasi di event selanjutnya,” kata Vince Youwe.

Youwe berharap ke depan pemerintah daerah lebih maksimal dalam mendukung kekurangan atlet berprestasi, baik dari segi fasilitas maupun sisi kesejahteraan.”Yang paling utama sebenarnya untuk pakaian latihan itu harus ada. Kami sebelumnya kewalahan karena tidak punya pakaian latihan dan fasilitas pendukung lainnya. Walaupun dengan keterbatasan yang ada, kami bisa menyumbang tiga medali perunggu,” ujarnya.

Ditempat terpisah, Sekretaris Dinas Olahraga dan Pemuda Papua Idris Salama mengaku sangat senang dayung bisa menyumbang medali emas bagi kontingen Papua. “Alhamdulillah, kita berhasil meraih satu medali emas, artinya prestasi Popnas 2019 meningkat dari dua tahun lalu di Jawa Tengah yang mana Papua  tidak dapat medali emas. Dengan demikian total medali selama Popnas berlangsung, Papua telah mengumpulkan, satu emas, dua perak  dan sebelas medali perunggu. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top