Follow our news chanel

Popnas Papua pertandingkan 20 Cabor

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Papua sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) ke-XV tahun 2019 mempertandingkan 20 Cabang Olahraga  (Cabor) dan 1 cabor eksebisi.

Terdiri dari 4 cabor terukur, 7 cabor beladiri, 1 cabor akurasi dan 8 cabor permainan serta 1 cabor eksebisi.

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga (Disorda) Papua, Timothius Matuan, S.Pd MPd memaparkan hal ini saat disela-sela pelatihan manajemen olahraga dan kapasitas organisasi fungsional, profesional dan prestasi, Rabu (17/10/2018) di Hotel Sahid, Kota Jayapura, Papua.

“Penyelenggaraan Popnas diputuskan mempertandingkan 20 cabor dan 1 cabor eksebisi. Kita terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) kepanitian untuk mulai bekerja,” kata Thimotius Matuan.

Matuan merinci 21 cabor itu masing-masing angkat besi,  atletik, dayung, renang, gulat, judo karate, pencak silat, taekwondo, tarung drajat, tinju, panahan, bola basket,bola voli indoor, voli pasir, tenis lapangan, tenis meja, bulu tangkis, sepak bola, sepak takrauw dan catur, eksebisi.

Popnas XV/2019 mengemban 4 sukses yakni sukses  prestasi, penyelenggara, administrasi dan sukses pembangunan daerah.

Loading...
;

Peserta Popnas XV diperkiraan mencapai 13.736 orang. Terdiri dari 11.152 atlet putra/putri dan official pelatih sebanyak 2.584 orang.

“Jumlah nomor terdiri dari 264 nomor pertandingan masing-masing untuk  nomor pertandingan putera sebanyak  140 dan puteri sebanyak 121 nomor,” ujarnya.

Kepala Seksi Pembibitan Olahraga Prestasi Disorda Papua, Dominggus Lutrun menambahkan kesiapan Papua menghadapi Popnas XV dan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020, dimana Popnas digelar di kota/kabupaten Jayapura, sedangkan penyelenggaraan PON tersebar di lima klaster yakni Jayapura, Biak Numfor, Mimika, Jayawijaya dan Merauke.

Klaster Jayapura mempertandingkan 29 Cabor yang tersebar di Kota Jayapura sebanyak 16 cabor dan 1 cabor babak penyisihan serta  Kabupaten Jayapura 13 cabor. Klaster Mimika 8 cabor, Merauke 4 cabor, Biak Numfor 10 cabor dan klaster Jayawijaya 4 cabor.

“Hasil pembagian dan distribusi cabor terkini adalah tersebar di 5 klaster dengan melibatkan kabupaten-kabupaten peyangga. Seperti di klaster Jayapura melibatkan kabupaten Keerom, klaster Biak Numfor melibatkan Kepulauan Yapen. Kemudian klaster Jayawijaya melibatkan kabupaten Tolikara,” katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top