Porter bandara bingung hadapi kondisi pandemi covid-19

Aktivitas di ruang kedatangan penumpang di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (25/3/2020) - Jubi/Yance Wenda.
Porter bandara bingung hadapi kondisi pandemi covid-19 1 i Papua
Aktivitas di ruang kedatangan penumpang di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (25/3/2020) – Jubi/Yance Wenda.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani , Jubi – Pekerja jasa angkutan barang atau porter harus bersiap mencari pekerjaan lain, menyusul rencana penutupan Bandara Sentani oleh otoritas setempat. Namun, mereka bingung sebab pada saat ini juga berlaku pembatasan aktivitas di luar rumah untuk mengantisipasi penularan covid-19.  

“Penutupan bandara hingga dua pekan itu sangat lama, ditambah lagi pembatasan waktu beraktivitas (di luar rumah), yakni pukul 08.00-12.00 (Waktu Papua). (Kondisi) ini berpengaruh sekali terhadapan pendapatan kami,” kata Muni, Porter di Bandara Sentani, Rabu (25/3/2020).

Pendapatan Muni selama ini sangat bergantung kepada penumpang pesawat. Saat penumpang ramai, dia bisa mengantongi Rp200 ribu-Rp350 sehari.  

“Saat ini, penumpang sepi. Saya paling dapat Rp30 ribu (sehari), bergantung penumpang berapa mau kasi (bayar),” ujarnya.

Muni, dan juga porter lain tidak melengkapi diri mereka dengan masker dan sarung tangan saat bekerja. Kondisi tersebut membuat mereka menjadi rentan tertular virus dari penumpang, petugas maupun pengunjung bandara.

“Saya tidak pakai sarung tangan atau masker karena buru-buru (berangkat dari rumah). Jadi, ya jalan saja begini (tidak sempat menggunakan masker dan sarung tangan),” katanya.

Loading...
;

Muni mengaku dia sebenarnya khawatir terjangkit covid-19 karena selalu berada di kerumunan orang, tetapi tidak ada pilihan lain baginya dalam menafkahi keluarga. “Kalau saya tidak kerja, keluarga saya tidak makan.”

Wayus Haluk, warga Sentani merasa prihatin dengan kondisi porter di bandara terbesar di Papua, tersebut. “Mereka seharusnya dibekali masker dan sarung tangan (untuk bekerja). Penumpang (pesawat) itu (mungkin) ada yang (berstatus) orang dalam pemantauan (karena tiba dari daerah tertular covid-19).” (*)  

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top