Follow our news chanel

Positif Covid-19 di Papua bertambah, ODP meningkat signifikan

Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Povinsi Papua Silwanus Sumule - Jubi/Roy Ratumakin
Positif Covid-19 di Papua bertambah, ODP meningkat signifikan 1 i Papua
Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Povinsi Papua Silwanus Sumule – Jubi/Roy Ratumakin.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19 Provinsi Papua , Silwanus Sumule menyampaikan ada penambahan kasus positif virus corona atau covid-19 di Papua, tepatnya di Kabupaten Mimika.

“Sampai hari ini pukul 19.00 WP (Waktu Papua), jumlah pasien yang positif covid-19 ada sembilan orang yang tersebar di Kabupaten Merauke dua orang, Kota Jayapura lima orang, dan Kabupaten Mimika dua orang,” kata Silwanus dalam keterangan persnya, Minggu (29/3/2020) malam.

Sumule mengatakan, ada peningkatan signifikan pada kasus positif covid-19 juga Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) yang sebelumnya 2.311 hari ini menjadi 5.569 dengan tambahan 3.258. Sementara jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 43 orang,” ujarnya.

Dikatakan, penambahan ODP tersebut sebenarnya adalah data hasil rekapan sebelumnya. Di mana data yang diambil dari KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Jayapura sebanyak 4.087, sementara data-data dari kabupaten/kota yang sudah melapor ke Satgas Penanggulangan Covid-19 Papua sebanyak 1.482.

“Untuk pemeriksaan sampel yang sudah diperiksa sampai hingga hari ini ada sebanyak 109 sampel dengan hasil positif sebanyak 9 orang,” ujarnya.

Loading...
;

Ia pun mengklarifikasi soal penyebaran pasien yang sudah positif yaitu sebelumnya di Kabupaten Merauke dilaporkan dua positif Covid-19 namun setelah dilakukan pengecekan ulang ke laboratorium di Jakarta, ternyata hanya dua pasien yang berstatus positif.

“Mengapa itu bisa terjadi? Diawal-awal kami melakukan pengecekan ulang di laboratorium, itu ada kasus yang kami katakan “positif meragukan”. Dalam posisi “positif meragukan” ini, tim dokter memutuskan, untuk menganggap bahwa hal tersebut adalah “positif betul” dengan demikian pasien langsung dilakukan isolasi,” katanya.

“Ini dilakukan agar penyebaran dari kasus positif yang sudah diklarifikasi adalah dua pasien di Kabupaten Merauke, lima pasien di Kota Jayapura, dan dua pasien di Kabupaten Mimika,” ujarnya lagi.

Sedangkan untuk PDP sebanyak 43 orang, kata Silwanus, ada yang baru dirawat dan ada yang sudah dipulangkan.

“Ada tambahan tiga orang namun ada tiga pasien yang sudah dipulangkan. Jadi posisi PDP tetap 43 orang. Tambahan tiga pasien PDP telah dirawat di RS Biak sebanyak dua orang, dan di RS Provita sebanyak satu orang. Sedangkan yang dipulangkan yaitu di RS Bhayangkara satu orang, RS Marthen Indey  satu orang, dan RS Abepura tiga orang,” terangnya.

Sebelumnya Sekda Papua Hery Dosinaen berharap seluruh masyarakat mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap berada di rumah guna menghindari penyebaran virus tersebut. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top