Potensi pariwisata Kampung Toware belum dikelola baik

Salah satu spot di atas bukit Patow, pemandangan Danau Sentani dengan latar Gunung Robonghollo yang masih tertutup kabut - Jubi/Engel Wally
Potensi pariwisata Kampung Toware belum dikelola baik 1 i Papua
Salah satu spot di atas bukit Patow, pemandangan Danau Sentani dengan latar Gunung Robonghollo yang masih tertutup kabut – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kampung Toware adalah bagian dari Kampung Kwadeware, di mana masyarakat yang tinggal di Kampung Toware Distrik Waibhu adalah penyebaran masyarakat yang sebenarnya dari Kampung Kwadewar yang tinggal di pulau Danau Sentani.

Potensi wisata di Kampung Kwadeware cukup menjanjikan, hanya saja hingga saat ini belum dilirik atau dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah atau pemerintah setempat.

“Bersamaan dengan renovasi GOR Toware serta pembangunan infrastruktur jalan dan fasilitas pendukung lainnya, diharapkan akan meningkatkan pariwisata di kampung ini,” ujar Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, di Kampung Kwadeware, Sabtu (27/7/2019).

Dikatakan, dari pariwisata yang baik maka akan ada peningkatan ekonomi masyarakat di Kampung Kwadeware. Momen PON XX tahun 2020 adalah kesempatan terbaik untuk masyarakat setempat memanfaatkan apa yang menjadi potensi sumber daya alam mereka.

“Pertanian, perikanan, dan perkebunan adalah potensi unggulan di kampung ini. Belum lagi alam yang menjanjikan bagi setiap orang yang akan wisata ke sini,” ungkap Bupati Awoitauw.

Terpisah, Elvis Marweri, seorang warga masyarakat di Kampung Kwadeware, mengatakan pemerintah jangan hanya janji saja tetapi tidak ada realisasi langsung di tengah masyarakat.

Loading...
;

“Jalan menuju bukit Patai Toware (Patow) yang dijanjikan akan diaspal, hingga saat ini belum terealisasi. Kendaraan bagi anak-anak sekolah di pulau dan yang didarat ini juga belum. Selama ini masyarakat berupaya untuk tetap melaksanakan aktivitas mereka dengan kehidupan mereka sendiri,” pungkasnya.(*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top