Follow our news chanel

Potensi sagu di Kabupaten Jayapura belum digarap maksimal

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengakui jika pengolahan sagu di daerahnya belum digarap secara maksimal. Padahal Kabupaten Jayapura memiliki 11 ribu hektare hutan sagu dimana tiga ribu hektare diantaranya telah dikelola masyarakat.

“Kita punya potensi sangat besar, tapi dari total 11 hektar hanya tiga ribu saja yang sudah dikelola. Sementara sisanya belum dijamah," ujar Bupati saat menghadiri Festival Sagu II di Kampung Kwadeware Distrik Waibhu, Kamis (21/6/2018).

Dikatakan Bupati, jika dilihat lebih luas lagi, Indonesia merupakan negara penghasil sagu terbesar di dunia. Dengan capaian 90 persen Papua dan Papua Barat menjadi daerah dengan luas hutan sagu terbanyak saat ini. 

“Beberapa waktu lalu PT. Sampoerna Grup telah mencoba untuk melakukan pengembangan sagu di daerah ini tetapi gagal. Ini menjadi tantangan bagi kita untuk kembali secara serius melihat pengembangan sagu di daerah ini,” katanya.

Sementara itu, salah satu pemerhati sagu Carles Toto mengatakan, untuk pengembangan sagu saat ini sangat mudah, tinggal bagaimana pihak Pemerintah dapat membuat regulasi terhadap perlindungan dan pengembangan sagu itu sendiri.

“Tuhan sudah kasih alam dan tanaman yang sudah siap digunakan untuk kebutuhan manusia. Sagu ini adalah tanaman yang multi fungsi, dari daun, batang sampai dengan isi pohon dapat digunakan sebagai sandang, pangan dan papan. Kenapa mesti ragu dan merasa susah akan hal ini,” ungkapnya. (*)

Loading...
;

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top