Follow our news chanel

Previous
Next

Potensi tsunami, daerah ini minta warganya tak panik

BMKG keluarkan peringatan dini cuaca extrim di perairan Papua Barat. Nelayan, pengguna transportasi lain serta pengunjung pantai diingatkan waspada, tinggi gelombang dapat mecapai 2,5 meter. (Jubi/Hans Arnold Kapisa)

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Lebak, Jubi – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak meminta masyarakat di pesisir pantai selatan Jawa agar tidak panik menghadapi potensi tsunami setinggi 20 meter hasil penelitian Institut Teknologi Bandung (ITB). Terdapat enam kecamatan yang berpPotensi tsunami di Kabupaten Lebak meliputi Kecamatan Malingping, Cihara, Panggarangan, Bayah, Cilograng dan Wanasalam.

“Kami berharap masyarakat tetap tenang,” kata pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksanakan BPBD Kabupaten Lebak Ajis Suhendi, Rabu, (30/9/2020) kemarin.

Baca juga : Gempa magnitudo 5,0 di laut Seram tidak berpotensi tsunami

Awan berbentuk gelombang tsunami di Aceh, ini penjelasan BMKG

Samudera Hindia diguncang gempa 7,4 SR, BMKG umumkan peringatan dini tsunami

Menurut dia, pPotensi tsunami di daerah itu karena berhadapan dengan Perairan Samudera Hindia dan memiliki potensi megathrust yang bisa memicu gelombang tsunami.

Loading...
;

Sedangkan pemerintah telah mempersiapkan dengan membangun gedung shelter untuk menampung ribuan orang di Kecamatan Wanasalam. “Selain itu juga membangun jalur evakuasi, pemasangan sirine dan simulasi untuk mengurangi risiko kebencanaan,” kata Ajis menambahkan.

BPBD Lebak juga mengoptimalkan kegiatan sosialisasi edukasi mitigasi bencana agar masyarakat dapat menyelamatkan diri secara mandiri. “Kami yakin persiapan dan edukasi mitigasi itu diharapkan dapat meminimalisasi kerugian akibat bencana alam,” katanya. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top