Follow our news chanel

Previous
Next

PPD Yahukimo harus paham sistem noken

Anggota PPD Yahukimo - David Sobolim.
PPD Yahukimo harus paham sistem noken 1 i Papua
Anggota PPD Yahukimo – Jubi/David Sobolim.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Dekai, Jubi – Anggota Panitia Pemilihan Distrik untuk Pilkada Yahukimo harus memahami penerapan sistem noken. Apalagi, Yahukimo terdiri atas banyak distrik, dan memiliki medan yang cukup berat.

“Dari 11 kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada 2020 di Papua, hanya Yahukimo yang menerapkan sistem noken. Karena itu, PPD di Yahukimo perlu diberi pelatihan mengenai penerapan sistem noken pada pilkada, “ kata anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Melkianus Kambu, Sabtu (29/2/2020).

Kambu mengatakan mereka telah meminta KPU pusat menerbitkan aturan khusus mengenai tata cara pemungutan dan penghitungan suara dengan sistem noken. Namun, dia tidak menjelaskan respon KPU pusat maupun kepastian penerbitan aturan khusus tersebut.

KPU Yahukimo telah membentuk sebanyak 51 Panitia Pemilihan Distrik (PPD) untuk Pilkada 2020. Mereka terdiri atas 225 personel, dan telah dilantik pada Sabtu di aula KPU Yahukimo.

“Proses rekrutmen berjalan aman dan lancar walaupun ada aksi protes dari peserta seleksi yang tidak lolos. Namun, permasalahan itu sudah ditangani Bawaslu dan KPU Yahukimo,” kata anggota KPU Yahukimo Melianus Suu.

Suu mengatakan PPD memiliki masa kerja selama sembilan bulan setelah dilantik. Dia berharap para anggota PPD bekerja secara profesional sehingga Pilkada Yahukimo berlangsung sukses.

Loading...
;

“Anggota PPD kebanyakan berlatar belakang pendidikan tinggi. Semoga mereka dapat mengaplikasikan ilmu mereka dalam pelaksanaan pilkada tahun ini.”

Harapan serupa diutarakan Asisten III Pemerintah Kabupaten Yahukimo Aron Wanimbo. “Pilkada 2005 hingga 2015 di Yahukimo berjalan lancar dan tanpa konflik. Kami berharap pelaksanaan Pilkada 2020 juga demikian.” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top