HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Prajurit TNI tewas usai kontak tembak di Perbatasan Papua-PNG

Evakuasi anggota TNI yang ditembak kelompok bersenjata di Papua, Senin (30/12/2019) - Jubi/IST
Evakuasi anggota TNI yang ditembak kelompok bersenjata di Papua, Senin (30/12/2019) – Jubi/IST.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Seorang prajurit TNI berpangkat Sersan Dua atau Serda bernama Miftakfur Rohmat tewas usai kontak tembak dengan kelompok bersenjata di wilayah perbatasan RI-Papua Nugini (PNG), Senin (30/12/2019) siang.

Kontak tembak dengan kelompok bersenjata ini, juga mengakibatkan seorang prajurit TNI lainnya yang berpangkat Prajurit Dua atau Prada bernama Juwandy Ramadhan terluka di bagian pelipis ketika melindungi korban.

Kejadian ini bermula saat 10 prajurit TNI akan mengambil logistik diย  Pos Kali Asin, Kampung Yeti, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom.

Komandan Korem (Danrem) 172/Praja Wira Yakti (PWY), Kolonel (Inf) Binsar Parluhutan Sianipar mengatakan, dalam perjalanan ke lokasi tujuan, para prajurit TNI itu diadang dan ditembaki kelompok bersenjata dari ketinggian.

“Kontak tembak pertama anggota kita satu orang meninggal. Kemudian satu orang luka. Tapi hanya rekoset,” kata Binsar Parluhutan Sianipar, Senin (30/12/2019).

Katanya, korban meninggal dunia terkena tembakan pada bagian dada atas tembus ke belakang. Diperkirakan kelompok bersenjata yang melakukan pengadangan berjumlah empat orang.

Loading...
;

Akan tetapi Danrem tak bisa memastikan apakah ada kelompok bersenjata yang terkena tembakan ketika terjadi kontak senjata dengan anggota TNI, karena pengadang berada di ketinggian.

“Cukup banyak senjata sekitar tiga atau empat senjata,” ujarnya.

Pasca-insiden tersebut, prajurit TNI yang meninggal dunia dievakuasi ke Rumah Sakit TNI Marthen Indey di Kota Jayapura. Hingga kini aparat keamanan masih mengejar kelompok pelaku.

Sementara Kepala Penerangan Kodam XVII/ Cenderawasih, Kolonel Eko Daryanto mengatakan, korban meninggal merupakan anggota Satgas Pamtas RI-PNG Pos Bewan Baru dari Yonif 713/ST Gorontalo.

“Anggota kami langsung melakukan pengejaran terhadap kelompok pelaku. Kami akan berkoordinasi dengan pihak Konsulat RI di PNG untuk penutupan pintu perbatasan RI-PNG, mencegah jangan sampai mereka melarikan diri ke PNG,” kata Kolonel Eko Daryanto. (*)

Editor: Edho Sinaga

 

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa