Follow our news chanel

Previous
Next

Premier Malaita di Kepulauan Solomon kalahkan mosi tidak percaya

Provinsi Malaita terletak di sebelah timur Kepulauan Solomon. - ABC News/ Wikimedia Commons/ DFAT

Papua No.1 News Portal | Jubi

Auki, Jubi – Mosi tidak percaya terhadap Premier Malaita yang telah dinanti-nantikan akhirnya kalah di lantai Majelis Provinsi Malaita pada hari Selasa (13/10/2020), dengan suara 24-9. Setelah keberhasilan yang luar biasa itu, Premier Provinsi Malaita Daniel Suidani dan eksekutifnya tersenyum lega.

Kemenangan tersebut berarti pemerintah Malaita Alliance for Rural Advancement (MARA), koalisi yang dipimpin Suidani, masih memegang kepemimpinan dan akan melanjutkan programnya dalam membangun provinsi tersebut.

Hasil ini membuktikan prediksi sejumlah pakar salah. Mereka percaya bahwa Premier Suidani akan kalah dalam mosi tidak percaya ini dengan selisih suara tipis 17-16, pengaju mosi itu, David Solo Baerara, diharapkan akan menang.

Kemenangan tersebut disambut baik oleh kelompok masyarakat yang datang ke Majelis Provinsi Malaita, tak sabar menanti hasilnya.

Sebelum mosi itu diajukan, Suidani dan timnya berpose bersama dalam foto yang jelas-jelas menunjukkan dukungan yang ia terima dari 22 Anggota Majelis Provinsi (MPA) Malaita. Saat pemungutan suara itu, dua MPA dari kubu yang mengajukan mosi juga memberikan dukungan mereka kepada Premier Suidani, yang selanjutnya memperkuat sisi pemerintahan MARA dengan 24 pendukung.

Berbicara kepada media lokal setelah kemenangannya, Suidani berterima kasih kepada semua MPA yang telah mempercayai dan mendukungnya dan pemerintah MARA hingga dapat mengalahkan mosi tersebut.

Loading...
;

Suidani menegaskan bahwa sudah waktunya untuk mengesampingkan perbedaan karena mosi tidak percaya sudah dikalahkan. Ia meminta semua 33 MPA anggota majelis provinsinya untuk bekerja sama demi kemajuan provinsi dan meneruskan pembangunan di 33 distriknya. Suidani juga mengimbau semua warga Malaita yang menetap di provinsi itu dan luar untuk bekerja sama dengan pemerintah MARA dalam tujuan bersama untuk mencapai pembangunan di Malaita.

Sementara itu, MPA yang mengajukan mosi itu, David Solo Baerara, mengatakan kepada media setempat bahwa ia puas dengan mosi tersebut meski mereka tidak berhasil. Baerara menegaskan proses pengajuan mosi itu berjalan sesuai dengan prosedur, dan mosi itu kalah di lantai parlemen lokal. Dia meyakinkan Suidani bahwa dia akan bekerja sama dengan pemerintah MARA mulai sekarang dan seterusnya. Ia juga mengucapkan selamat kepada Suidani dan pemerintah atas kemenangan tersebut.

Suidani dan pemerintah pusat Kepulauan Solomon masih berselisih setelah berbulan-bulan lamanya. (Solomon Star)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top