Presiden baru Bougainville siap pimpin menuju kemerdekaan

Bendera Bougainville. - Lowy Institute/ The Interpreter/ Getty Images

Papua No.1 News Portal | Jubi

Oleh Leanne Jorari

Setelah berminggu-minggu penuh antisipasi, pada Rabu lalu (23/9/2020), masyarakat Bougainville terbangun dengan berita tentang presiden terpilih yang baru. Mantan Komandan tentara revolusioner Bougainville (Bougainville Revolutionary Army/ BRA), Ismael Toroama, dari Central Bougainville, akan mengambil alih kepresidenan dari John Momis.

Sejak awal pemilihan umum ini, Toroama telah muncul sebagai calon yang populer, dimana pemilih mengomentari di media-media sosial menyebutkan dia sebagai ‘pilihan rakyat’.

Setelah perang sipil selama satu dekade, dimana ia berjuang di bawah tuntunan mantan pemimpin BRA Francis Ona, itu berakhir, Toroama dengan tenang tetap tinggal di rumahnya di Central Bougainville, membantu membangun kembali pulau itu. Fakta ini tidak luput dari kenangan dan perhatian rakyat Bougainville, dibuktikan dengan hasil penghitungan surat suara terakhir. Seorang teman saya yang berasal dari Bougainville mengemukakan pendapat yang layak saat ia berkata, “Kita lihat dan kita ingat siapa yang tinggal. Yang membantu orang-orang Bougainville dalam membangun kembali.”

Dalam karirnya pasca-perang sipil, Toroama juga turut membantu dalam proses perundingan perjanjian damai antara Bougainville dan Papua Nugini, dan ia memainkan peran penting dalam proses pelucutan senjata dari masyarakat.

Sudah lama berlalu sejak terjadinya perang sipil berdarah selama satu dekade di Bougainville pada 1980-an dimana sekitar 20.000 orang tewas.

Loading...
;

Banyak yang berpendapat bahwa pemberontakan itu disebabkan tambang tembaga Panguna yang bernilai miliaran dolar di tengah-tengah pulau itu, namun itu hanyalah ‘puncak gunung es’, masih banyak masalah lainnya. Siapa pun yang pernah mengunjungi Bougainville dan bertemu langsung dengan orang-orang Bougainville pasti akan menjumpai semangat patriotisme yang kuat. Bendera berwarna biru kobalt dengan topi upe di tengahnya dapat dilihat melambai-lambai tertiup angin, di setiap kendaraan, di setiap stasiun desa. Bougainville itu sama seperti orang-orangnya, indah dan agung.

Toroama sendiri merupakan salah satu tokoh kunci yang memainkan peran penting dalam penandatanganan perjanjian perdamaian pasca-perang saudara yang sangat dinanti-nantikan pada Agustus 2001. Ia memiliki visi, Bougainville sebagai negara yang berdaulat, bebas dan merdeka.

Dalam pidato kemenangannya, Toroama berjanji akan terus melindungi kepentingan masyarakat Bougainville. “Saya akan memperjuangkan kemerdekaan Bougainville. Waktu untuk tinggi hati sudah lewat. Sekarang waktu untuk bekerja sama.” Dia lalu melanjutkan: “Ketika kita memasuki (Dewan Perwakilan Rakyat), kita akan mengatur kembali dan membenahi bagaimana kita dapat membantu orang-orang di komunitas kita, di daerah-daerah pemilihan kita.”

Dengan dunia menyimak dengan saksama, hasil pemilu ini menunjukkan timbulnya gelombang perubahan yang diprakarsai oleh masyarakat. Dalam beberapa minggu terakhir, pemilih yang masih muda membanjiri TPS untuk menulis narasi mereka sendiri, suatu Bougainville yang dipimpin oleh dan untuk orang-orang Bougainville. Pemilu ini adalah pemungutan suara yang menantang dan merombak status quo. Banyak pemimpin dalam parlemen Bougainville berpengalaman yang kursinya dirampas oleh pemimpin-pemimpin milenial, beberapa di antaranya adalah perempuan-perempuan muda yang patriotik dan berpendidikan seperti Theonila Matbob, MP terpilih dari Ioro, daerah pemilihan dimana tambang Panguna berada.

Pendirian Matbob jelas dan tegas ketika ia berkata kepada saya bahwa menurutnya, pemilik-pemilik tanah di tambang itu sudah terlalu lama ditindas dan dibohongi. Matbob adalah bagian dari generasi muda Bougainville yang, meskipun tidak cukup tua untuk menyaksikan Bougainville di ‘masa-masa kejayaannya’, berharap masa depan yang mereka tinggalkan untuk rakyat dan tanah mereka ke depan nantinya bisa menjadi lebih baik.

Presiden Toroama sekarang memiliki tanggung jawab untuk memimpin Dewan Perwakilan Rakyat yang muda dan segar dalam berdiskusi dengan pemerintah pusat Papua Nugini mengenai kemerdekaan Bougainville. Setelah Toroama dinyatakan sebagai pemenang dalam pemilu presiden ABG, Perdana Menteri PNG James Marape menyampaikan ucapan selamat kepadanya dan anggota parlemen lainnya atas kesuksesan mereka, seraya menegaskan komitmennya yang berkesinambungan bagi rakyat Bougainville. PM Marape mengatakan dia berharap dapat bekerja bersama dengan Toroama dalam memajukan proses konsultasi hasil referendum kemerdekaan tahun lalu, dan dalam mencapai pembangunan ekonomi jangka panjang dan perdamaian yang langgeng bagi orang-orang Bougainville.

Kelihatannya pertanyaan yang ada saat ini bukan ‘apakah PNG akan memberi kemerdekaan pada Bougainville’, tetapi kapan.

Orang-orang Bougainville sangat sabar dan gigih. Mereka memperjuangkan apa yang mereka percaya sejak bertahun-tahun lalu, dan tidak pernah berhenti menanti kemerdekaan lama setelah perjanjian damai dengan PNG ditandatangani. Harapan mereka akan suatu negara yang berdaulat sekarang terletak di pundak seorang mantan pejuang Bougainville, yang pernah berjuang di hutan-hutan, bahwa ia sekarang akan dia memimpin mereka.

Orang-orang Bougainville mengerti bahwa jalan menuju kemerdekaan mungkin masih panjang. Diskusi dengan Port Moresby tidak akan tampung dalam satu malam – urusan-urusan yang begitu penting seperti ini jarang singkat prosesnya. Tetapi kepercayaan mereka yang tidak pernah luruh kini terletak di bahu seorang kapten yang juga mengimpikan hal yang sangat mereka inginkan: bangsa yang merdeka. (The Interpreter oleh The Lowy Institute)

Leanne Jorari adalah seorang spesialis media dan komunikasi, produser televisi, dan penulis lepas asal Papua Nugini yang tinggal di Port Moresby.

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top