Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Presiden Fiji Jioji Konrote terpilih lagi

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Suva, Jubi – Mayor Jenderal (purnawirawan) Jioji Konusi Konrote, kembali ditunjuk sebagai Presiden Fiji untuk satu masa jabatan lagi.

Dia diangkat untuk menjabat selama tiga tahun lagi, Jumat lalu (31/08/2018), tanpa perlawanan, akibat anggota-anggota parpol SODELPA walk out dari ruang rapat parlemen, tanpa menominasikan satu pun kandidat dari bloknya, sebagaimana diatur dalam konstitusi.

Presiden Fiji Jioji Konrote terpilih lagi 1 i Papua

Sebelum Perdana Minsiter Voreqe Bainimarama mengungkapkan nominasi partainya, seorang MP dari blok oposisi, Semesa Karavaki, menunjukkan adanya pelanggaran dalam konstitusi.

Karavaki mengutip pasal 84 dari Konstitusi Fiji, dan menegaskan bahwa belum ada vakum dalam jabatan presiden, dan parlemen tidak boleh berada dalam posisi ini, untuk datang dan menunjuk seorang presiden ketika jabatan itu belum vakum.

Sebagai tanggapan, Juru Bicara Parlemen, Dr Jiko Luveni, menjelaskan bawah komite bisnis, komite internal parlemen Fiji yang bertugas untuk menentukan hal-hal yang harus dipertimbangkan oleh Parlemen setiap hari rapat, telah diberitahu tentang rapat khusus itu.

Dr Luveni juga membantah komite itu tidak perlu mempersiapkan bahasan mosi apa-apa, karena sidang itu dilaksanakan bukan untuk membahas mosi tertentu, melainkan untuk nominasi kandidat presiden yang mereka dukung.

Loading...
;

Para perwakilan dari Partai Federasi Nasional (NFP), tetap bertahan dalam ruang sidang sepanjang sesi nominasi dan pemilihan.

Sementara itu, dalam sebuah pernyataan, anggota-anggota parpol SODELPA mengatakan mereka meninggalkan ruang rapat parlemen, karena menilai pengangkatan presiden itu ilegal.

Pemimpin Oposisi, Ro Teimumu Kepa menjelaskan ini dapat mempengaruhi keputusan-keputusan besar yang akan datang, seperti pemilihan umum untuk perdana menteri.

Kepa menegaskan bahwa isu-isu penting seperti ini, harusnya dirujuk ke Mahkamah Agung Fiji agar bisa diinterpretasikan dengan tepat.

Partainya juga telah menunjukkan keprihatinan mereka, sejak awal, atas bagaimana prosesi itu ditangani, mengingat mereka baru diberitahu untuk mencalonkan kandidat mereka dalam 48 jam.

Parlemen Fiji telah ditunda sampai pengumuman berikut. (PINA)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top