Follow our news chanel

Previous
Next

Presiden Jokowi kirim tim Kemenkes ke Papua

Kemenkes Covid-19 Papua
Tim Kemenkes RI saat bertemu sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi Papua. - Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Presiden Joko Widodo mengirim tim Kementerian Kesehatan ke Papua, untuk melihat perkembangan pencegahan dan penangan pandemi Covid-19 di Bumi Cenderawasih. Tim itu berjanji akan membantu kekurangan peralatan dan fasilitas kesehatan yang dibutuhkan di Papua.

Tenaga Ahli Bidang Krisis Kesehatan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Iwan Trihapsoro menyampaikan tim Kemenkes itu bertugas merumuskan langkah dan upaya yang dibutuhkan untuk menekan pertambahan kasus baru Covid-19, meningkatkan tingkat kesembuhan pasien, serta menurunkan tingkat kematian  pasien Covid-19. Tim Kemenkes itu mengunjungi sembilan provinsi untuk mengidentifikasi masalah penanganan pandemi Covid-19.

“Jadi ada sembilan provinsi yang kami sambangi, termasuk Papua. Kami diberi batas waktu dua minggu untuk bisa mencapai target yang sudah ditetapkan. Makanya kami menghadap Pemerintah Provinsi Papua untuk bekerjasama,” kata Iwan di Jayapura, Kamis (17/9/2020).

Baca juga: 60 ASN Pemerintah Kota Jayapura terpapar Covid-19

Untuk menurunkan pertambahan kasus baru Covid-19, tim Kemenkes itu akan melihat permasalahan yang dihadapi rumah sakit di Papua. Langkah itu dinilai penting, karena akan menentukan keberhasilan upaya untuk menaikkan tingkat kesembuhan dan menurunkan tingkat kematian pasien Covid-19.

Iwan menyatakan setiap rumah sakit harus memiliki tenaga kesehatan dan sarana prasarana yang memadai untuk menangani pandemi Covid-19. “Nanti kami lihat kekurangannya apa, dan pusat akan bantu. [Kami juga memantau] kampanye masker, [dan] seberapa jauh protokol kesehatan dijalankan oleh masyarakat, [diterapkan dalam aktivitas] perkantoran, [diterapkan di] pesawat, dan lainnya,” ujar Iwan.

Menurutnya, dengan adanya gerakan 3M-yakni mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak dengan orang lain-pandemi Covid-19 bisa teratasi. “Pak Menteri [Kesehatan] sudah melakukan gerakan pembagian masker. Beberapa minggu lalu, [kami mengirimkan] 12 ribu masker untuk Papua. Kami ingin lihat dalam dua minggu ke depan,” katanya.

Loading...
;

Baca juga: 17 meninggal karena Covid-19 dalam dua pekan pemberlakuan New Normal

Kepala Dinas Kesehatan Papua, Roby Kayame mengatakan upaya untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di Papua terkendala oleh rendahnya kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. “Kami minta masyarakat Kota Jayapura selaku ibu kota Provinsi Papua bisa menerapkan protokol kesehatan dalam menjalani aktivtas sehari-hari,” kata Kayame.

Menurutnya, Papua membutuhkan bantuan alat uji PCR dan seluruh barang habis pakai untuk melakukan pengujian itu, mengingat tingginya animo masyarakat untuk memeriksakan diri. Papua juga membutuhkan Alat Pelindung Diri bagi para tenaga medis.

“Ini yang kami butuhkan saat ini. Tapi intinya semua ada di masyarakat, jika mereka peduli dan mampu terapkan protokol kesehatan kesehatan, maka sudah bisa dipastikan angka kasus akan turun,” ujarnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top