Follow our news chanel

Previous
Next

Presiden Mali menyatakan mundur dalam kudeta militer

Papua
Ilustrasi pemberontakan, pixabay.com

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi Presiden Mali, Ibrahim Boubacar Keita mengumumkan mengundurkan diri pada Rabu pagi (19/8/2020), sehari setelah pemberontak melancarkan kudeta. Dalam pidatonya di televisi pemerintah, pria 75 tahun itu juga mengatakan pemerintah dan parlemen Mali akan dibubarkan. Ibrahim mengaku mengundurkan diri untuk menghindari pertumpahan darah.

“Pada momen yang tepat ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada rakyat Mali atas dukungan mereka selama tahun-tahun yang panjang ini serta kehangatan kasih sayangnya, dan saya menyampaikan keputusan untuk melepaskan jabatan,” kata Ibrahim dikutip dari AFP.

Baca juga : Serangan pemberontak Myanmar tewaskan satu orang 

AS dituding mencuri minyak Suriah

Aparat keamanan dan milisi tewas dalam baku tembak di Kairo

Pengumuman itu muncul setelah tentara pemberontak menahan Ibrahim dan Perdana Menteri Boubou Cisse, Selasa (18/8/2020).

Loading...
;

Sebelumnya salah satu pemimpin pemberontak di Mali mengaku telah menangkap Presiden Ibrahim Boubacar Keita dan Perdana Menteri Boubou Cisse. Pasangan pemimpin negara Mali itu ditahan di kediaman Keita di ibu kota Bamako.

Pejabat militer lainnya, yang juga enggan menyebutkan identitas, mengatakan presiden dan perdana menteri berada di kendaraan lapis baja dalam perjalanan ke Kati.

Mali telah melawan pemberontak sejak 2012. Bahkan pada kala itu, negara di Afrika tersebut kehilangan wilayah di bagian utara yang dikuasai oleh pemberontak yang merupakan para jihadis.

Sebagian para pemberontak itu kemudian berhasil diusir dalam operasi militer yang dipimpin Prancis dan disokong intervensi dari negara lainnya. Meski sempat ada kesepakatan damai pada 2015, kekerasan di negara tersebut terus berlanjut. Bahkan, kekerasan menyebar ke selatan dan ke negara-negara tetangga. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top