Follow our news chanel

Previous
Next

Presiden Nauru terpilih bentuk kabinet baru

Presiden Nauru yang baru, Lionel Aingimea. -RNZI/Nauru Government
Presiden Nauru terpilih bentuk kabinet baru 1 i Papua
Presiden Nauru yang baru, Lionel Aingimea. -RNZI/Nauru Government

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Yaren, Jubi – Mantan pengacara HAM, Lionel Aingimea, telah terpilih sebagai Presiden Nauru yang baru, dua hari menyusul pengumuman hasil pemilu yang menendang Baron Waqa setelah enam tahun memimpin.

Aingimea memenangkan pemungutan suara internal parlemen dengan suara 12-6, mengalahkan saingannya, David Adeang, menurut laporan bagian informasi Pemerintah Nauru. Aingimea sebelumnya pernah menjabat sebagai Sekretaris Kehakiman di bawah Menteri Keuangan, David Adeang.

Meski hasil pemilu itu mengejutkan banyak orang, analis Pasifik, Tess Newton Cain, berkata perolehan itu mencerminkan dominasi orang muda di parlemen yang baru.

“Salah satu pergantian besar yang telah kita lihat bukan hanya tingginya angka peremajaan, dalam arti orang-orang lebih senior kehilangan kursi mereka dan orang-orang yang baru masuk, tetapi banyak dari mereka yang baru ini berusia di bawah 40 tahun,” tuturnya kepada ABC.

“Ini sepertinya disebabkan dorongan dari generasi muda agar ada sesuatu yang baru, dan mungkin menjelaskan mengapa Aingimea bisa mengamankan kursi kepresidenan melawan Adeang.”

Penggantian kepemimpinan ini terjadi setelah desakan agar ada reformasi kemanusiaan di negara Pasifik yang kecil ini. Nauru telah menjadi lokasi pusat pemrosesan pengungsi dan pencari suaka lepas pantai pertama Australia sejak tahun 2001. Nauru kini mendapatkan pemasukan yang cukup besar dari biaya visa yang dibebankan ke Australia per pencari suaka, pembayaran dan pajak lainnya atas pusat pemrosesan regional itu, serta bantuan pembangunan.

Loading...
;

Roland Kun, mantan seorang menteri Nauru yang telah mencari suaka ke Selandia Baru dan sekarang tinggal di Australia, berkata kepada ABC bahwa para pemilih telah mengirim “pesan yang sangat jelas dari bilik suara”.

Membentuk kabinet yang baru, Aingimea memegang jabatan Menteri Luar Negeri dan juga akan mengepalai beberapa portofolio yang lebih kecil, menurut RNZ Pacific.

Keenam pos lainnya dipegang oleh anggota parlemen yang baru terpilih untuk pertama kalinya, diantaranya Martin Hunt di sebagai Menteri Keuangan, Isabella Dageago sebagai Menteri Kesehatan, dan Maverick Eoe sebagai Menteri Kehakiman. (ABC News)

 

Editor : Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top