Follow our news chanel

Previous
Next

Presiden Sudan Selatan pecat panglima militer

Papua, Militer
Ilustrasi pasukan militer - Pexels.com
Presiden Sudan Selatan pecat panglima militer 1 i Papua
Ilustrasi pasukan militer – Pexels.com

Sejauh ini tidak ada alasan untuk pemecatan Riak, yang dilantik menjadi panglima militer pada Mei 2018 menyusul wafatnya Jenderal James Ajongo Mawut di Mesir setelah sempat jatuh sakit.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Ankara, Jubi– Presiden Sudan Selatan, Salva Kiir memecat Panglima Militer Jenderal Gabriel Jok Riak, sedangkan Jenderal Johnson Juma Okot langsung ditunjuk sebagai penggantinya.

“Kepala Pasukan Pertahanan yang baru bukanlah tokoh asing di dunia militer. Ia (Okot) telah menjabat selama hampir dua tahun sebagai wakil Jok. Jenderal Okot baru saja menggantikan bosnya, jadi ia bukan seseorang yang dibawa dari tempat lain,” kata juru bicara militer, Lul Ruai Koang kepada Radio Tamazuj, Senin, (11/5/2020) kemarin.

Baca juga : Kekerasan di Sudan tewaskan 24 orang

Ini alasan Sudan tunda cabut subsidi BBM

Demonstran Sudan desak pembubaran partai yang pernah berkuasa

Loading...
;

Sejauh ini tidak ada alasan untuk pemecatan Riak, yang dilantik menjadi panglima militer pada Mei 2018 menyusul wafatnya Jenderal James Ajongo Mawut di Mesir setelah sempat jatuh sakit.

Sudan Selatan terperosok ke dalam kondisi yang tak stabil sekaligus konflik sejak memperoleh kemerdekaan dari Sudan pada Juli 2011.

Pada 2018 Kiir dan musuh lamanya sekaligus mantan wakil presiden Riek Machar menandatangani perjanjian damai dengan harapan agar pihaknya dapat mengakhiri krisis dan meningkatkan kehidupan serta perlindungan bagi warga Sudan Selatan.

Pada Februari Macher dilantik sebagai wakil presiden pertama, yang mengamankan perjanjian damai di Kantor Pemerintah di Juba. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top