Pria asal Jambi ini berusaha ciptakan helikopter dari bahan bekas

Helikopter Papua
Ilustrasi helikopter - IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jambi, Jubi –  Seorang pria asal Kecamatan Suban, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Provinsi Jambi membuat helikopter dari bahan besi bekas. Pria bernama Usman Jalil 65 tahun  itu  juga melengkapi mesin helikopter dengan dua unit mesin sepeda motor matic  yang diyakini bisa menerbangkan helikopter bikinanya.

Keberanian Usman menciptkan helikopter itu dari kisah sukses sebelumnya ketika dia mampu menciptakan helikopter berbahan baku rotan dengan tenaga pemutar baling baling dari mesin gergaji, pada tahun 1997 lalu.

“Ide pembuatan helikopter saat masih bekerja di tempat pemotongan kayu, karena termotivasi saat masuk ke hutan medan jalan yang hancur dan jarak tempuh lama,” kata Usman, dikutip Antara, Rabu, (7/7/2021)

Baca juga : Evakuasi helikopter MI-17 di Pegunungan Mandala terkendala cuaca 

Helikopter rusak di Ilaga, Puncak, dibakar kelompok bersenjata  

Sakit, warga di desa terisolasi diangkut helikopter

Loading...
;

Hal itu menjadi alasan dia  berfikir keras bagaimana caranya sampai ke lokasi penebangan kayu bisa ditempuh dengan singkat. “Akhirnya membuat dari rotan dan berhasil terbang selama beberapa tahun,” kata Usman menambahkan.

Meski ia mengaku sudah berulang kali gagal saat membuat helikopter, namun dengan kegigihan dan tekad yang kuat akhirnya ia sempat  berhasil menciptkan helikopter pertama berbahan rotan yang digerakan mesin gergaji.

Saat ini Usman sudah memproses produksi helikopter itu kurang lebih sekitar tiga bulan. Uniknya bahan yang digunakan serba bekas, seperti kepala helikopter terbuat dari bekas kabin mobil.  Sedangkan badan helikopter juga berasal dari sisa-sisa besi tua. Termasuk pemutar baling baling menggunakan dua unit mesin kendaraan bermotor.

Usman mengaku membuat helikopter secara otodidak, meski saat ini masih kekurangan  bahan berupa tali seplin, shok breaker dan kelahar duduk, namun ia yakin helikopter yang sedang ia rangkai itu bisa terbang.

Tekhnik yang ia gunakan dengan sistem bahan pembuatan helikopter tersebut diutamakan besi yang tidak memiliki berat berlebih sehingga bisa terbang.

Usman mengaku hanya mengeluarkan ditotal biaya sekitar Rp40 jutaan. Meski ia sempat keluarganya karena harus membuang uang. Namun tekad untuk memproduksi alat transportasi udara itu tak akan pernah pupus.

Anggota DPR RI, Hasan Basri Agus mengaku sudah mendatangi kediaman dan bengkel Usman untuk melihat langsung helikopter buatan warganya itu. Hasan berpesan agar Usman terus berkarya. “Jangan dijual hasil karyanya,” kata Hasan. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top