Follow our news chanel

Produksi kopra Kepulauan Marshall melonjak

Kopra kering diangkut untuk pengiriman ke pabrik badan Tobolar Copra Processing Authority di Majuro. - RNZI/Giff Johnson
Produksi kopra Kepulauan Marshall melonjak 1 i Papua
Kopra kering diangkut untuk pengiriman ke pabrik badan Tobolar Copra Processing Authority di Majuro. – RNZI/Giff Johnson

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Majuro, Jubi – Produksi kopra kering Kepulauan Marshall diharapkan akan memecahkan rekor untuk produksi tertinggi tahun 2019 ini, dengan 5.808,53 ton sudah dikirim ke badan pemrosesan Kopra Tobolar Copra Processing Authority di Majuro selama sembilan bulan pertama di tahun fiskal ini.

Total pemasukan dari sembilan bulan dalam tahun anggaran ini lebih tinggi dari jumlah produksi yang dihasilkan dalam lima dari 10 tahun fiskal terakhir.

Naiknya produksi kopra didorong oleh subsidi pemerintah yang mencapai 50 sen per pon.

Data dari Tobolar Copra Processing Authority menunjukkan bahwa kuartal pertama tahun anggaran ini, dari Oktober hingga Desember, menghasilkan total 2.556,94 ton – salah satu jumlah produksi kuartal tertinggi yang pernah dicatat di negara itu.

Meskipun jumlah produksi kopra kering yang diekspor di kuartal kedua (Januari – Maret 2019) merosot ke 1.168,18 ton, ia lalu meningkat lagi saat kuartal terakhir Juni lalu hingga melampaui angka 2.000 ton per kuartal, untuk kedua kalinya tahun fiskal ini. Bagi Kepulauan Marshal, produksi kopra kering lebih dari 2.000 ton per kuartal untuk dua kuartal dalam satu tahun anggaran adalah lonjakan yang belum terlihat selama bertahun-tahun.

Kepulauan Marshall melaporkan hanya ada lima tahun anggaran dimana produksi kopra di atas 7.000 ton sejak mereka mulai merekam data pada 1951. Jumlah produksi tertinggi sejauh ini, yaitu 7.728 ton kopra, dipecahkan pada tahun 1995.

Loading...
;

Hanya ada tiga dari lima tahun anggaran sejak 2008 yang jumlah produksinya menembus 7.000 ton, termasuk di antaranya tahun 2013 dan 2016. Bahkan pada tahun 2013 dan 2016, hanya satu kuartal di setiap tahun keuangan itu yang produksinya melampaui angka 2.000 ton. Namun tahun fiskal ini, sudah dua kuartal yang melewati 2.000 ton, ini berarti ada kemungkinan tahun anggaran ini akan memecahkan rekor jumlah produksi kopra yang telah diproses oleh Tobolar.

Produksi kopra sebanyak 5.808,53 ton hingga 30 Juni itu setara dengan 11,6 juta pon. Dengan harga kopra 50 sen per pon, ini setara dengan AS$ 5,8 juta yang dibayarkan kepada sektor pengolahan kopra sejak tahun anggaran ini dimulai 1 Oktober tahun lalu.

Produksi kopra di atol Arno dan atol Ailinglaplap memimpin dibandingkan daerah lain di negara itu, dengan dua produsen teratas menyumbangkan lebih dari 2.000 ton, atau 35 % dari jumlah produksi kopra Kepulauan Marshall sampai 30 Juni. (Marianas Variety)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top