Follow our news chanel

Program imunisasi polio di PNG sukses

Konferensi pers di Port Moresby pekan lalu. - Post-Courier
Program imunisasi polio di PNG sukses 1 i Papua
Konferensi pers di Port Moresby pekan lalu. – Post-Courier

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Moresby, Jubi – Kampanye imunisasi nasional PNG terhadap campak dan rubela, atau MR, dan polio telah dinyatakan berhasil oleh semua pemangku kepentingan dalam konferensi pers di Port Moresby pekan lalu.

Diungkapkan dalam konferensi pers itu bahwa lebih dari satu juta anak di usia bawah lima tahun telah menerima vaksin MR dan polio, setelah serangkaian kegiatan vaksinasi yang dilakukan di seluruh PNG, menyusul konfirmasi wabah polio, pada Juni 2018 hingga pertengahan Juli 2019.

Program ini dipimpin oleh Kementerian Kesehatan, dengan dukungan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF, dan berhasil mengimunisasi 1,28 juta anak berusia di bawah lima tahun terhadap polio, sementara 1,17 juta anak berusia dari 6 bulan hingga 5 tahun menerima vaksin MR. Data cakupan vaksinasi menunjukkan bahwa jumlah anak yang diimunisasi melebihi target, mencapai 95% populasi target.

Dr. Luo Dapeng, perwakilan WHO di PNG, mengucapkan selamat atas keberhasilan pemerintah PNG.

“Saya akan mulai dengan mengucapkan selamat kepada pemerintah Papua Nugini karena berhasil melaksanakan salah satu kampanye imunisasi paling sukses yang mengintegrasikan vaksin polio dan MR. Cakupannya sangat mengagumkan,” kata Dr. Dapeng.

Ia menegaskan dengan naiknya jumlah negara yang mengalami wabah campak, PNG telah membantu meningkatkan kekebalan lebih dari satu juta anak terhadap salah satu penyakit paling menular di dunia.

Loading...
;

“Mereka adalah anak-anak yang sekarang memiliki peluang lebih tinggi untuk terhindar dari campak atau dilumpuhkan oleh polio,” katanya. “Respons terhadap wabah polio selama 12 bulan terakhir telah menjadi bukti komitmen Papua Nugini terhadap kesehatan anak-anaknya, di tengah-tengah situasi darurat yang sangat rumit,” kata Dr. Luo Dapeng.

Sementara itu, Menteri Kesehatan dan HIV/AIDS PNG, Elias Kapavore, mengungkapkan bahwa cakupan imunisasi yang rendah di negara itu selama bertahun-tahun lamanya telah mengajarkan mereka pelajaran yang penting, ketika wabah polio kembali terjadi pada tahun 2018.

Program ini memobilisasi lebih dari 12.000 pekerja kesehatan dan sukarelawan yang dilatih sebagai pemberi imunisasi, menjadikannya salah satu kampanye vaksinasi terbesar di sejarah PNG. (Post-Courier)


Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top