Program Kewarganegaraan Vanuatu akan dikaji

Ronald Warsal. - DVU/ Thompson Marango
Program Kewarganegaraan Vanuatu akan dikaji 1 i Papua
Ronald Warsal. – DVU/ Thompson Marango

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Vila, Jubi – Perdana Menteri Vanuatu, Bob Loughman, telah meminta ketua Komisi Kewarganegaraan yang baru ditunjuk untuk meninjau program Development Support Programme (DSP) atau yang lebih dikenal sebagai program Kewarganegaraan Vanuatu.

PM Loughman mengungkapkan pernyataan itu ketika ia menyerahkan surat pengangkatan kepada ketua Komisi Kewarganegaraan yang baru, Ronald Warsal, pada 4 Mei lalu.

Pejabat Humas Pemerintah, Fred Vurobaravu berkata bahwa PM Loughman menginginkan agar transparansi dalam program itu ditingkatkan.

Vurobaravu menerangkan bahwa PM Loughman, dalam pidatonya ketika menyerahkan surat penunjukan Warsal, menegaskan bahwa program ini berdampak langsung pada kehidupan masyarakat Vanuatu, dan oleh karenanya komisi itu harus bekerja bersama dengan pemerintah dalam meningkatkan standar program tersebut, dan bagaimana itu dapat dimanfaatkan untuk menguntungkan orang Ni-Vanuatu dalam hal lapangan pekerjaan.

Sebelumnya, mantan PM Charlot Salwai merekomendasikan Alain Molgos untuk diangkat oleh presiden, tetapi mengingat negara itu sedikit lagi akan melaksanakan pemilihan umum, Presiden Obed Tallis tidak menyetujui penunjukkan siapapun, ia menanti pemerintahan yang baru dibentuk.

Dengan pembentukan pemerintah yang baru, PM Loughman merekomendasikan nama mantan anggota parlemen dari Pedesaan Santo untuk posisi itu.

Loading...
;

Peraturan program kewarganegaraan Vanuatu yang baru telah disahkan di bawah kepemimpinan mantan Perdana Menteri, Charlot Salwai, dengan badan legislatif ke-11.

Mantan PM Salwai menciptakan peraturan baru di bawah UU Kewarganegaraan untuk membentuk program DSP ini. Program DSP menggantikan Program Rehabilitasi Ekonomi Vanuatu (VERP) yang menawarkan kewarganegaraan sebagai bentuk kehormatan karena membantu investasi di negara tersebut.

Program ini membawa pemasukan yang besar ke kas nasional, tahun lalu saja program ini telah menghasilkan pendapatan VT6 miliar untuk pemerintah Vanuatu.

Dengan pandemi COVID-19, pemerintah nasional telah menyetujui Paket Stimulus senilai VT 4 miliar. (Daily Post Vanuatu)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top