PRONA Kota Jayapura Ditargetkan Rampung September

Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Jayapura – Jubi/Islami
Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Jayapura – Jubi/Islami
Jayapura, Jubi – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Jayapura menargetkan Proyek Operasi Nasional Agraria atau Program Nasional Agraria atau PRONA rampung pada September 2016.

Kepala BPN Kota Jayapura, Suyatin kepada Jubi di ruang kerjanya, Selasa (9/8/2016) menjelaskan, tiap tahun ada anggaran PRONA. Tahun ini Kota Jayapura mendapatkan jatah 1.000 sertifikat untuk 1.000 orang.

“Dari seribu itu, 50 persennya telah diserahkan kepada masyarakat, sisanya 500 bidang itu nanti akhir September 2016 kita serahkan, sesuai dengan batas waktu,” katanya.

Suyatin mengakui, antusiasme masyarakat terhadap program kepengurusan sertifikat tanah ini cukup bagus, karena memang tidak dipungut biaya. Dari pengukurannya hingga prosesnya ditanggung oleh negara melalui APBN. Namun surat-surat kelengkapannya dan BPHTP (bea perolehan hak atas tanah dan bangunan) ditanggung sendiri oleh masyarakat. Hanya proses kepengurusan sertifikat yang dibebaskan.

“Karena penyetoran BPHTP itu disetor langsung ke kas daerah menjadi bagian dari penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Jayapura. Itu yang masyarakat harus pahami, jadi gratis itu hanya untuk sertifikatnya tetapi untuk persyaratannya tidak gratis,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, program ini hanya diperuntukan bagi hunian pribadi, serta lembaga keagamaan seperti masjid, gereja dan tempat ibadah lainya, tetapi khusus untuk usaha dan pemerintahan tidak dibebaskan biaya.

“Jadi, untuk sasaran kita, untuk di daerah Koya Koso, di Heram, Pasir Dua dan Muara Tami atau kebanyakan di pinggiran kota karena kita lihat jangkauan dan kesempatan tidak bayar,” katanya.

Loading...
;

Warga Kota Jayapura yang ditemui di kantor BPN Kota Jayapura, yang enggan menyebutkan namanya mengaku cukup terbantu dengan program ini.

Maka dari itu, ia berharap pihak pertanahan juga terus mengawalnya sebab dikhawatirkan ada pihak-pihak yang sengaja ingin bermain di lembaga ini. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top