Follow our news chanel

Previous
Next

Proses penghitungan hasil pemilu Bougainville dimulai

Bougainville Pasifik Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Buka, Jubi – Proses penghitungan hasil Pemilihan Umum Bougainville 2020 telah dimulai Rabu lalu (2/9/2020). Proses itu dimulai dengan memilah surat suara di dalam setiap kotak suara, demi memastikan setiap surat suara telah dimasukkan di dalam kotak suara yang benar. Setelah semua surat suara terpilah sesuai jenisnya, barulah hasil pemilihan umum itu akan dihitung.

Petugas regional Regional Returning Officer (RRO), Peter Wanga mengatakan setelah geladi singkat dengan para petugas penghitungan, mereka akan segera membuka kotak suara warga Bougainville di dalam Bougainville (BIB) dan di luar Bougainville (BOB), lalu memilah surat suara di dalamnya. Selanjutnya, para petugas di setiap pusat penghitungan suara akan membuka dan menyortir isi kotak surat suara pemilihan calon presiden, diikuti kotak suara pemilhan regional.

“Kami berharap semua tahapan proses sortir, transfer, dan pengawasan bisa berjalan tertib, akurat dan transparan. Pengawas dari kandidat, kelompok pengawas internasional dan lokal, serta media akan hadir di pusat penghitungan regional masing-masing, untuk memeriksa setiap proses. Oleh karena itu, kami yakin proses pemilu itu bebas dan adil,” kata Wanga.

Baca juga: Pemilu di Bougainville hampir rampung

Semua asisten petugas RRO yang sudah pulang akan dikerahkan untuk membantu empat RRO di empat pusat penghitungan suara di wilayah tersebut. Pemilahan surat suara untuk BIB, BOB dan kotak suara presiden juga diharapkan akan mulai Rabu ini, diikuti dengan pemilihan surat suara dari daerah pemilihan dengan kandidat tunggal di setiap daerah.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Bougainville George Manu mengatakan setiap isi kotak suara harus dipilih dulu, untuk memeriksa apakah ada surat suara yang dimasukkan ke dalam kotak suara yang berbeda. Penghitungan resmi baru akan dimulai setelah proses sortir selesai dan semua kotak suara sudah sampai di pusat penghitungan masing-masing.

“Kami mendorong semua pengawas dari para kandidat, kelompok pengamat internasional dan lokal, bersama dengan perwakilan media untuk datang ke pusat penghitungan masing-masing, dan mengawasi  secara langsung prosesnya.”(Bougainville Electoral Commission/PACNEWS) 

Loading...
;

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top