Proteksi Siswa Dari Narkoba Tanggung Jawab Kita Bersama

Kepala Sekolah SMA N 4 Kota Jayapura, Papua, Laba Sembiring - Jubi/Munir
Kepala Sekolah SMA N 4 Kota Jayapura, Papua, Laba Sembiring – Jubi/Munir

Jayapura, Jubi – Kepala Sekolah (Kepsek) SMU Negeri 4 Kota Jayapura, Papua, saat ditemui Jubi, Jumat (18/9/2015) mengungkapkan, memproteksi siswa didik dari pengaruh buruk penyalahgunaan narkoba merupakan tanggung jawab bersama seluruh komponen, termasuk orang tua, guru disekolah serta pemerintah kabupaten/kota dan provinsi setempat.

Hal tersebut dikatakan terkait temuan Badan Narkotika Nasional (BNN) Papua. Tak tanggung-tanggung dalam sepekan, pihak BNN Papua berhasil meringkuk 14 anak usia produktif yang menggunakan narkotika di wilayah hukum Kota Jayapura. Pada Rabu (9/9/2015) sekitar pukul 15.00 WIT tepatnya di Sekolah SMK 3 Kotaraja pihak BNN Papua menangkap empat siswa berinisial ZT, KBL, DS dan AR ketika hendak pesta Narkoba.

“Generasi muda terutama siswa-siswi yang masih dalam usia produktif atau usia sekolah merupakan generasi penerus bangsa, yang nantinya akan menggantikan kita memimpin bangsa ini. Kita tidak boleh saling melempar dan mencari kambing hitam dari kasus-kasus penyalahgunaan narkoba,” kata Laba Sembiring kepada Jubi di Kota Jayapura, Papua.

“Saat anak tersebut nantinya sudah kecanduan akan susah buat anak tersebut melepasnya, sehingga ada baiknya kita mencegahnya. Sehingga kita sebenarnya anatara para Stakeholder tidak boleh saling menyalahkan, justru kita harus mencegahnya bersama-sama,” katanya.

Lanjutnya, orang tua juga punya peran penting dalam membentengi anak tersebut agar tidak terjerumus pada narkoba.

“Jangan memarahi mereka karena telah menggunakan narkoba, tapi justru ajak mereka cerita tentang masalah mereka agar mereka pelan-pelan bisa melupakan masalah mereka dan akhirnya terlepas dari obat-obatan terlarang tersebut,” lanjutnya.

Walikota Jayapura Benhur Tommy Mano kepada Jubi mengatakan bahwa pihaknya dalam hal ini Dinas Pendidikan Kota Jayapura sudah beberapa kali berdialog dengan para kepala sekolah baik TK, SD, SMP dan SMA/SMK intinya adalah menjauhkan lingkungan sekolah dengan bahaya Narkotika. “Saya sudah sampaikan kepada mereka bahwa semua sekolah yang ada di Kota Jayapura harus bebas dari Narkotika,” katanya.

Loading...
;

Lanjut Mano, disetiap sekolah baik SMP dan SMA/SMK ada guru Bidang Kesiswaan (BK). “Tugasnya apa? dia harus melihat keadaan anak didik mereka. Harusnya setiap sekolah melalui guru BK melakukan sweeping terhadap anak murid dua minggu sekali untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya narkotika. Saya sangat menyesal hal ini bisa terjadi. Kok bisa ditangkap di dalam sekolah tersebut. Disana kan banyak guru-guru, masa mengawasi anak didiknya saja tidak bisa?,” katanya. (Munir)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top