Follow our news chanel

Previous
Next

Protokol kesehatan mesti disosialisasikan lagi di Kabupaten Jayapura

Papua
Ilustrasi imbauan menjaga jarak fisik - Pexels.com.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Sosialisasi pencegahan terhadap penyebaran virus korona masih harus diintensifkan di Kabupaten Jayapura. Banyak warga belum menaati protokol kesehatan.

“Masih ada warga yang malas tahu (tidak peduli) dengan protokol kesehatan. Protokol kesehatan itu penting (diterapkan) agar terhindar dari penularan karena sudah ada penderita infeksi korona di Kabupaten Jayapura,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Jayapura Khairul Lie, Selasa (21/7/2020).

Lie mengatakan tercatat sebanyak 217 penderita infeksi corona di Kabupaten Jayapura, dan 130 di antaranya dinyatakan sembuh. Adapun selebihnya masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

“Cara penularan virus korona bisa melalui batuk, pilek, dan bersin. Kalau kita tidak menjaga jarak (fisik), akan mudah tertular virus korona dari orang lain. Berdasarkan hasil pemeriksaan, sekitar 90% penderita merupakan orang tanpa gejala (asimptomatik),” jelasnya.

Sosialisasi pencegahan terhadap penyebaran virus korona harus menggunakan pembahasan yang sederhana sehingga mudah dimengerti masyarakat umum. Sosialisasi juga harus mampu menggugah warga sehingga mereka bersukarela menjalankan protokol kesehatan.

“Sosialisasi itu bukan memaksa orang melainkan menjelaskan penggunaan masker yang baik dan benar. Bagaimana perlakuan setelah dipakai dan penyimpanannya, itu harus dijelaskan (kepada masyarakat). Sampaikan semua itu dengan sabar, jangan emosional,” kata Misimina Uopdana, warga Sentani. (*)

 

Loading...
;

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top