HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Provinsi di Kepulauan Solomon tuntut polisi akibat sita bantuan APD

Polisi di Kepulauan Solomon. - RNZI / Gino Oti

| Papua No.1 News Portal | Jubi

Honiara, Jubi – Pihak Kepolisian di Kepulauan Solomon akan dibawa ke pengadilan setelah menyita alat pelindung diri (APD) yang disumbangkan oleh Taiwan ke salah satu provinsi di negara itu.

Polisi mengklaim bahwa kiriman dari kementerian luar negeri di Taipei itu mencurigakan karena paket ditujukan kepada seorang warga biasa, dan karena tidak ada hubungan bilateral antara Honiara dan Taipei.

Provinsi di Kepulauan Solomon tuntut polisi akibat sita bantuan APD 1 i Papua

Tetapi Gubernur Provinsi Malaita, Daniel Suidani, menegaskan bantuan itu murni merupakan bantuan kemanusiaan dan tidak ada hubungannya dengan kebijakan luar negeri negara itu.

Suidani mengungkapkan bahwa mereka sudah beberapa kali meminta polisi untuk mengklarifikasi alasan penyitaan, tetapi mereka tidak kunjung menerima tanggapan apa-apa.

“Kita sekarang membawa perkara ini ke pengadilan tinggi untuk mencari tahu apa yang benar dan apa yang salah,” kata Daniel Suidani.

“Apa yang telah kita lakukan dengan Taiwan itu dengan alasan kemanusiaan. Menurut kita lebih dari 200 negara di dunia ini yang tidak mengakui Taiwan juga mendapatkan bantuan dari pemerintah Taiwan,” tegas Suidani.

Loading...
;

Sementara itu, pemimpin blok oposisi, Matthew Wale, mengecam penyitaan bantuan kemanusiaan itu.

Wale menambahkan bahwa tuduhan lainnya, dimana jaksa agung dikatakan telah memerintahkan penyitaan itu dengan alasan bantuan itu ‘bertentangan dengan keputusan pemerintah’ itu sangat ‘memalukan.

“Hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan yang serius, apakah Keadaan Darurat ini tentang Covid-19, atau tentang permainan politik?” tambah Wale.

Dia juga mempertanyakan mengapa pembeslahan itu tidak diumumkan selama satu minggu. (RNZI)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa