Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Provinsi Papua dan Kota Jayapura sepakat dukung isolasi mandiri

Infografis Covid Kota Jayapura Papua
Infografis perkembangan pandemi Covid-19 di Kota Jayapura hingga 16 Juni 2020 – Jubi/Tim gugus tugas Covid-19 Kota Jayapura
Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tim Satuan Tugas Covid-19 Provinsi Papua dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jayapura sepakat akan mendukung isolasi mandiri pada orang yang terkonfirmasi positif terinfeksi virus korona pada pemeriksaan PCR. Isolasi mandiri juga diharuskan bagi setiap orang yang mendapatkan hasil tes cepat atau rapid test reaktif.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua, dr Silwanus Soemoele, SpOG (K) kepada jurnalis pada Selasa (17//2020). “Kita meminta teman teman di kota Jayapura mengoptimalkan peran puskesmas untuk mengawasi dengan ketat mereka yang melakukan isolasi mandiri,” katanya.

Ia menjelaskan pada pertemuan dengan Pemerintah Kota Jayapura yang dilakukan Selasa juga menyiapkan rencana bersama terhadap pasien yang tidak mampu melakukan isolasi mandiri. “Plan B, Pemerintah Provinsi Papua tetap menyiapkan ruang karantina untuk menampung pasien positif maupun [orang dengan hasil] rapid test reaktif,” katanya.

Baca juga: Update 16 Juni : Ada 34 kasus baru, ada 58 pasien Covid-19 sembuh

Seperti diketahui, Pemerintah Kota Jayapura tidak memiliki rumah sakit sendiri, walau terdapat delapan rumah sakit di kota itu. Soemoele menjelaskan Pemerintah Provinsi (Pemptov) Papua sudah mengambil kebijakan agar delapan rumah sakit yang berada di ibukota Provinsi itu untuk merawat pasien Covid-19, dan memberikan sejumlah bantuan bagi semua rumah sakit tersebut.

Meski demikian, dalam beberapa pekan terakhir Pemerintah Kota Jayapura harus menjalankan karantina pasien di hotel, karena rumah sakit kekurangan tempat tidur.Sampai hari ini Kota Jayapura masih menduduki peringkat pertama kasus terbanyak Covid-19, dengan total 629 kasus positif.

Dari jumlah itu, sejumlah 458 pasien masih dirawat, 163 dinyatakan sembuh, dan 8 pasien meninggal dunia. Selain merawat pasien Covid-19, di Kota Jayapura juga dirawat 830 Orang dalam Pemantauan dan 91 Pasien dalam Pengawasan.

Loading...
;

“Kami mendorong isolasi mandiri dengan pemantauan ketat dari puskesmas. Kita berharap pasien benar-benar dipantau oleh petugas puskesmas,” katanya.

Untuk hari ini terdapat penambahan 22 kasus baru positif korona di Kota Jayapura. Kelurahan Hamadi menjadi kelurahan dengan kasus tertinggi dengan jumlah kasus mencapai 317 kasus, disusul kelurahan Entrop dengan 34 kasus, dan kelurahan Gurabesi dengan 28 kasus.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top