Follow our news chanel

Previous
Next

Proyek Infrastruktur PON dituding tidak ramah lingkungan

Hutan sagu tergusur akibat pembangunan jalan di Kawasan Khalkote, Kabupaten Jayapura - Jubi/Engelbert Wally.
Proyek Infrastruktur PON dituding tidak ramah lingkungan 1 i Papua
Hutan sagu tergusur akibat pembangunan jalan di Kawasan Khalkote, Kabupaten Jayapura – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Proyek infrastruktur penunjang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 dituding tidak ramah lingkungan, dan mengabaikan kearifan lokal bahkan mata pencarian warga. Sejumlah hutan sagu digusur untuk dijadikan jalan raya.

“Pemerintah daerah terlalu gegabah dalam mengambil kebijakan. Kalau demi kepentingan pembangunan, seharusnya disiapkan dahulu lahan pengganti untuk penanaman kembali sagu,” kata Ketua Forum Kota (Forkot) Sentani Deniks Felle, Kamis (16/1/2020).

Menurutnya, pemerintah seharusnya menyiapkan rencana induk (master plan) pembangunan kawasan sebelum pengerjaan proyek dimulai. Jika rencana induk itu dijadikan rujukan, tidak bakal ada penggusuran terhadap hutan sagu.

“Kalau hanya main gusur dan tebang seperti saat ini, berarti pemerintahnya tidak ramah lingkungan. Pemerintah bilang, nanti tanam kembali. Di mana lahannya? Karena sudah digusur untuk pembangunan jalan, hutan sagu tinggal cerita,” kata Felle.

Dia mengatakan keberadaan hutan sagu sangat penting bagi kehidupan masyarakat setempat, apalagi mereka yang mendiami kawasan pesisir Danau Sentani. “Hutan sagu menjadi lahan pekerjaaan (bagi) mereka untuk (memenuhi) kebutuhan sehari-hari.”

Pegiat pelestarian sagu Marshall Suebu juga menyayangkan kebijakan pemerintah tersebut. Dia menyebut menjaga hutan sagu merupakan sebuah kehormatan dan sumbangsih masyarakat terhadap pelestarian keanekaragaman hayati di dunia.

Loading...
;

“Dari 4-5 juta hektare lahan sagu di dunia, terbesar (terluas) dan beraneka (paling banyak) jenisnya (ialah) di Sentani. Kami ini (masyarakat Sentani) ialah orang-orang hebat yang terpilih untuk mendapatkan (mengelola) sagu,” tegas Suebu. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top