Follow our news chanel

Previous
Next

Proyek PON 2020, kontraktor lokal gigit jari

Pengerjaan drainase di Kabupaten Jayapura - Jubi/Engelbert Wally.
Proyek PON 2020, kontraktor lokal gigit jari 1 i Papua
Pengerjaan drainase di Kabupaten Jayapura – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kontraktor lokal mengaku belum pernah dilibatkan dalam proyek berskala besar untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Kabupaten Jayapura. Pengelola proyek lebih memilih kontraktor dari luar daerah untuk menggarap subpekerjaan mereka.

“Pengusaha yang mengerjakan proyek miliaran rupiah seharusnya memberikan subpekerjaan mereka kepada pengusaha lokal. Masak, untuk mengurus timbunan saja, harus bawa pengusaha dari luar Papua,” kata Ketua Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kabupaten Jayapura Barnabas Janggroserai, Kamis (16/1/2020).

Janggroserai melanjutkan pengerjaan jalan penghubung, jalan lingkungan, drainase, hingga gorong-gorong semuanya diborong pengusaha dari luar Papua. Pengusaha lokal hanya bisa menonton karena tidak pernah dilibatkan dalam pengerjaan proyek PON 2020.

Menurutnya, banyak perusahaan lokal berkualifikasi menengah hingga besar di Kabupaten Jayapura. Karena itu, mereka telah menyurati Pemerintah Kabupaten Jayapura dan Pemerintah Provinsi Papua agar memberdayakan kontraktor setempat dalam proyek berskala besar tersebut.

“Kami menyadari ada kekurangan (keterbatasan kemampuan), tetapi paling tidak (seharusnya), ada 5-10 dari ratusan pengusaha lokal, anggota kami diberdayakan. Kami dalam waktu dekat akan beraudiensi dengan pemerintah daerah,” jelas Janggroserai.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw pernah bilang proyek penunjang PON 2020 yang nilai kontraknya di bawah Rp1 miliar dapat dikerjakan melalui penunjukan langsung. Mekanisme tanpa tender tersebut diperuntukan bagi kontraktor lokal. (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top