Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

PSU di Papua jangan lagi timbulkan gesekan di masyarakat

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Wakil Ketua I DPR Papua, Edoardus Kaize berharap pihak penyelenggara benar-benar dapat melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) tiga kabupaten di Papua yakni Kepulauan Yapen, Puncak Jaya, dan Kabupaten Jayapura, Juni dan Juli mendatang sesuai aturan agar tidak menyebebkan gesekan di masyarakat.

Ia mengatakan, penyelenggara dan kandidat pasangan calon harus berkaca pada pemungutan suara sebelumnya, yang berujung PSU.

“Jangan lagi ada ketidaknetralan penyelenggara dan dugaan kecurangan pasangan calon yang dapat menyebebkan terjadi gesekan di masyarakat pendukung pasangan calon,” katanya, Rabu (24/5/2017).

Ia meminta pasangan calon kepala daerah juga harus berani menerima kemenangan dan kekalahan. Dan tidak membuat gesekan yang mengorbankan masyarakat.

Katanya, jika terjadi konflik di masyarakat, kandidat bisa saja menghindar. Mereka punya fasilitas dan finansial untuk pergi ke tempat lain. Namun masyarakat tidak mungkin meninggalkan daerahnya. Mereka akan selalu berada di wilayah itu.

"Akibatnya masyarakat yang saling bertikai hanya karena demi kepentingan politik kandidat. Hubungan kekeluargaan, hubungan emosional antar masyarakat tidak lagi berarti hanya karena mendukung pasangan calon kepala daerah," ujarnya.

Loading...
;

Sementara Wakil Ketua Komisi I DPR Papua, komisi yang membidangi pemerintahan, politik, hukum dan HAM, Orwan Tolli Wone mengatakan, siapa pun kandidat yang menang dalam PSU tiga kabupaten mendatang, kandidat lain harus menerima dan menenangkan pendukungnya agar tidak terjadi gesekan.

"Yang maju inikan anak-anak terbaik di daerah itu, namun namanya saja persaingan, pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Yang menang harus merangkul yang kalah, yang kalah menghormati yang menang," kata Orwan. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top