Pulau Muna dilanda gempa dua hari berturut-turut

Papua, gempa
Ilustrasi gempa bumi - IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi
Jakarta, Jubi – Gempa wilayah Indonesia terjadi di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara terjadi secara beruntut. Tercatat gempa darat di wilayah itu terjadi pada Sabtu subuh, (26/6/2021) atau gempa kedua setelah sehari sebelumnya mengalami hal yang sama.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mencatat gempa terkini terjadi tepatnya pada pukul 04.23 WIB pagi tadi. Kekuatannya hanya 2,7 Magnitudo tapi getarannya terukur sampai skala III MMI atau bisa dirasakan nyata di dalam rumah, seakan ada truk yang melintas. Gempa memang memiliki episentrum di darat, 5,3 kilometer arah timur laut Maligano, Kabupaten Muna.Kedalaman pusat gempa itu juga tergolong dangkal, yakni 13 kilometer.

Baca juga : Sumur di daerah ini tiba-tiba kering usai gempa 

Gempa bumi, ratusan rumah dan fasilitas publik di Jatim rusak 

Getaran gempa magnitudo 5,1 di Bali terasa hingga lintas pulau

Guncangannya, menurut BMKG, bisa dirasakan di Katobu, Duruka, dan Batalaiworu dengan skala yang sama, II-III MMI. Tiga lokasi itu pula yang tercatat merasakan guncangan gempa darat sehari sebelumnya, dengan intensitas yang sama. Sumbernya adalah gempa 3,7 M, terjadi pada pukul 01.41 WIB. Saat itu, pusat gempa diketahui berlokasi 4,2 kilometer arah timur laut Maligano.

Selain sedikit lebih kuat dari gempa terkini, gempa pada Jumat dinihari memiliki sumber yang lebih dangkal yakni 10 kilometer. (*)
Editor : Edi Faisol

Loading...
;

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top