Follow our news chanel

Previous
Next

Puluhan anggota IDI Sultra positif Covid-19, termasuk Kepala Dinas

papua,
Ikatan Dokter Indonesia – Jubi/id.wikipedia.org

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Kendari, Jubi – Sebanyak 41 dokter yang terhimpun di Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulawesi Tenggara (Sultra), termasuk Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Muh Ridwan, terinfeksi Covid-19.  Tercatat saat ini sudah ada 32 orang dokter yang dinyatakan sembuh, namun sembilan orang masih dalam perawatan.

“Itu data terakhir yang kita himpun per hari ini (senin),” Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sultra La Ode Rabiul Awal, Senin (21 /9/2020).

Baca juga : Sepuluh dokter di daerah ini positif Covid-19, sebagian layanan rumah sakit ditutup 

25 orang di jajaran Polda Papua Barat terkonfirmasi Positif Korona 

Dokter spesialis ini meninggal akibat Covid-19

Menurut La Ode,  terdapat 986 dokter dokter yang tergabung di IDI Sultra, sedangkan jumlah dokter yang terinfeksi itu di luar dokter yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Gigi Indonesia (PDGI).

Loading...
;

“Mereka punya organisasi tersendiri juga,” katanya.

Ia menyebut, salah satu anggota PDGI Sultra dilaporkan meninggal dunia terinfeksi Covid yang berasal dari Kabupaten Konawe Selatan. Namun, soal jumlah dokter gigi yang terinfeksi ia belum tahu pasti detilnya.

Dokter Wayong menyebut mayoritas dokter yang terinfeksi adalah dokter umum sebanyak 32 orang dan dokter spesialis 9 orang. Hal ini menunjukkan bahwa, dokter umum paling rentan kontak langsung dengan pasien Covid yang tidak memiliki gejala.

“Jumlah nakes kita juga sudah banyak, sudah ratusan yang terinfeksi dan ada yang meninggal dunia,” kata La Ode menjelaskan.

Ia mendorong adanya perlindungan tenaga kesehatan dalam menjalankan tugasnya di garda terdepan melawan Covid-19, karena tenaga kesehatan dan dokter sangat rentan tertular.

“Minimal ada kebijakan agar tenaga kesehatan dan dokter bisa swab jika ada gejala atau tanpa gejala namun memiliki riwayat kontak dengan pasien terinfeksi,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Muh Ridwan yang dinyatakan positif Covid-19  mengumumkan sendiri statusnya melalui video yang dibagikan melalui pesan WhatsApp.

“Setelah pemeriksaan PCR yang dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Bahteramas sore tadi, saya dinyatakan telah terkonfirmasi positif corona,” kata Muh Ridwan.

Ia mengimbau agar masyarakat menjaga kesehatan dan bersama memutus mata rantai penularannya. Saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Ridwan mengaku mengaku tanpa gejala. Menurut dia, semua orang berpotensi terinfeksi virus Corona apalagi dirinya seorang dokter yang aktivitasnya berkaitan langsung dengan pasien.

“Saya memilih untuk melakukan karantina di BPSDM,” katanya.

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top