TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Puluhan kontingen Olimpiade Cina positif Covid-19

Protokol Kesehatan COVID-19 di Papua
Ilustrasi pengenaan masker - Pexels.com.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Beijing, Jubi – Sebanyak sebanyak 34 personel yang berkaitan dengan olimpiade ditemukan terinfeksi Covid-19, kata komite penyelenggara Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, Minggu, (30/1/2022).

Di antara yang dinyatakan positif Covid-19 adalah Natalia Maliszewska, atlet Polandia yang dijagokan meraih medali pada nomor seluncur lintasan pendek. Selain itu ada 13 atlet atau ofisial tim yang dinyatakan positif Covid -19 setelah tiba di Bandara pada Sabtu (29/1/2022) lalu.

Baca juga :  Diplomat AS hendak tinggalkan Beijing terkait Covid-19 ini tanggapan Cina
Cina batalkan penerbangan dan tutup sekolah terkait temuan kembali kasus Covid-19
Varian Omicron disebut penyebab lonjakan kasus Covid-19 di Tokyo

Dari jumlah total yang terinfeksi, 23 di antaranya adalah mereka yang baru tiba di Bandara sementara 11 lainnya yang sudah berada di lingkungan tertutup. Lingkungan terbatas itu memisahkan para personel penyelenggara Olimpiade dengan masyarakat umum sebagai upaya untuk menghadang penyebaran infeksi.

Di dalam lingkungan terbatas, para peserta Olimpiade bisa bergerak bebas antara tempat penginapan dan lokasi-lokasi pertandingan dengan menggunakan alat transportasi resmi. Namun, mereka tidak diperbolehkan berkeliaran di wilayah kota.

Semua orang yang terlibat dalam Olimpiade tersebut, termasuk media dan staf, juga diharuskan menjalani tes COVID setiap hari.

“Maliszewska adalah atlet kedelapan Polandia yang positif COVID dan telah menjalani isolasi,” kata Komite Olimpiade Polandia,  Minggu, (30/1/2022) dikutip dari Antara.

Australia, sementara itu, pada Minggu mengumumkan ada satu orang yang dinyatakan positif Covid-19 di antara para anggota timnya, namun tidak menyebutkan orang yang dimaksud itu apakah atlet atau pelatih.

Penyelenggara Olimpiade Beijing telah memperingatkan bahwa kasus Covid-19 akan semakin banyak dalam beberapa hari mendatang. Peringatan itu dikeluarkan pada saat ibu kota Cina itu sedang memberlakukan langkah-langkah ketat.

Pemkot Beijing melarang peserta Olimpiade berkeliaran di kota tersebut ataupun melakukan kontak dengan penduduk setempat. Tidak seperti banyak negara yang sedang berupaya untuk menjalani kehidupan bersama Covid-19, Cina telah mengisolasi diri dengan menerapkan kebijakan tanpa toleransi. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us