TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Puluhan mahasiswa di asrama positif Covid-19, di Makasar siswa tertular oleh gurunya

Protokol Kesehatan COVID-19 di Papua
Ilustrasi pengenaan masker - Pexels.com.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Banda Aceh, Jubi –Terdapat 60 mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK) Aceh yang tinggal di asrama positif Covid-19. Hal itu diketahui usai 102 mahasiswa yang tinggal di asrama kampus tersebut dites swab.

“Dari 102 orang mahasiswa yang kita tracing di asrama, hasilnya 60 orang positif Covid,” kata Rektor USK Samsul Rizal, Rabu (9/2/2022) kemarin.

Baca juga : Ngawur, warga ini mengaku sedang beriwsata meski positif Covid-19
Belasan staf Kemenkumham Bali positif Covid-19 klaster sekolah di Solo Jateng meluas
Kasus positif Covid-19 saat ini 40 kali lipat dibanding awal Januari

Samsul mengatakan saat ini semua mahasiswa yang positif tersebut sudah dikarantina di asrama mahasiswa dengan blok terpisah. Tim Kesehatan USK juga terus memantau kondisi kesehatan mereka.

USK pun menetapkan beberapa kebijakan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus. Di antaranya, perkuliahan dan seminar sejenisnya dialihkan sepenuhnya secara daring.

“Ini adalah upaya kita untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Saya memahami ini tidaklah mudah, tapi keputusan ini adalah untuk kesehatan dan keselamatan kita bersama,” ujar Samsul menambahkan.

Selain itu, kegiatan praktikum/skill lab/penelitian lab/sejenisnya dilaksanakan secara luring dengan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat dan kapasitas 50 persen.

USK juga membatasi kehadiran tenaga kependidikannya maksimal 75 persen. Semua kegiatan kemahasiswaan di luar kampus juga tidak diizinkan sementara. Sedangkan kegiatan di dalam kampus, masih dapat dilaksanakan jika dilakukan secara daring.

“Keputusan ini berlaku sampai tanggal 20 Februari 2022, dan dievaluasi sesuai dengan perkembangan kasus Covid-19,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Makassar Muhyiddin Mustakim membenarkan ada kasus guru dan siswa di SMPN 8 Makassar terpapar Covid-19.

“Iya benar, baru satu sekolah. Sebenarnya guru itu saat akan dioperasi dilakukan lebih dulu tes PCR hingga hasilnya positif kemarin,” kata Muhyiddin

Pihak Puskesmas kemudian melakukan tes PCR terhadap sejumlah guru dan murid pada hari ini, lalu hasilnya juga mereka positif.

“Jumlah itu ada empat guru dan empat orang siswa. Jadi mereka tadi dites dan terkonfirmasi positif,” kata muhyiddin  menjelaskan

Penyebaran Covid-19 di sekolah ini berawal dari seorang guru yang menjalani tes PCR sebelum operasi. Saat hasil tesnya belum keluar, guru tersebut tetap datang ke sekolah untuk mengajar. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us