Follow our news chanel

Puluhan Ribu Orang Ikut Demonstrasi Guru di Hongaria

Ribuan warga Hungaria bergabung dengan para guru yang melakukan protes - bbj.hu
Ribuan warga Hungaria bergabung dengan para guru yang melakukan protes – bbj.hu

Budapest, Jubi – Puluhan ribu orang nekat menghadapi guyuran hujan dan udara yang mendekati titik beku untuk berpawai di Ibu Kota Hongaria, Budapes, pada Selasa (15/3/2016).

Mereka bekumpul di depan gedung Parlemen untuk menuntut perubahan besar dalam sistem pendidikan, dan menegaskan tuntutan mereka dengan seruan bagi pemogokan umum.

Para guru antara lain memprotes sentralisasi kurikulum secara berlebihan, sistem yang mendukung dan bukan menghilangkan pemisahan, kekurangan dana, dan jam pelajaran yang sangat panjang.

Oliver Pilz, seorang guru dari Kota Miskolc, mengatakan, “Minggu kerja ialah 40 jam buat orang dewas. Jadi, bagaimana kami mengharapkan anak-anak kami untuk lebih lama menghadapi pelajaran.” Para guru menuntut perundingan dengan pemerintah mengenai perbaikan sistem tersebut, dan menyeru delegasi pemerintah bisa melakukan pendekatan ke arah masalah itu secara profesional dan kompeten.

Istvan Pukli, seorang kepala sekolah dari Budapes, menuntut permintaan ma’af dari Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban dan Presiden Janos Ader karena kebijakan pendidikan yang gagal selama enam tahun, demikian laporan Xinhua, Rabu pagi.

Jika permintaan ma’af tidak disampaikan dan pembicaraan mendasar tidak dimulai sebelum 23 Maret, Pukli mengatakan para guru menyerukan pemogokan guru selama satu jam di seluruh negeri tersebut pada 30 Maret. Ia mengundang guru dari wilayah lain negeri itu untuk bergabung.

Pukli mengatakan 75 persen masyarakat mendukung upaya guru, dan menyarankan kalau mereka memang mendukung pemogokan guru dengan melakukan pemogokan di tempat kerja mereka, maka pemerintah akan menerima pesannya. Jika tidak, katanya, pemogokan berikutnya dapat berlangsung selama dua jam.

Loading...
;

Para penyelenggara unjuk rasa tersebut memperkirakan antara 50.000 dan 80.000 orang berkumpul di bundaran besar di luar gedung Parlemen dan banyak lagi berada di jalanan di sisi gedung itu. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top