Follow our news chanel

Puluhan tahanan Polresta Jayapura positif corona, sejumlah lembaga dinilai lalai

Ilustrasi Covid Papua
Ilustrasi - Jubi. Dok
Ilustrasi Korona Papua
Ilustrasi – Jubi. Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Makassar, Jubi – Legislator Papua, Laurenzus Kadepa menilai penyebaran Covid-19 atau virus corona di kalangan tahanan Polresta Jayapura merupakan kelalaian sejumlah pihak.

Menurutnya, kini ada puluhan tahanan Polresta Jayapura yang dinyatakan positif corona. Para tahanan ini bukan hanya tahanan kepolisian, ada di antaranya merupakan tahanan titipan kejaksaan, pengadilan dan beberapa lembaga terkait lainnya.

“Saya justru mengkritik lembaga yang menitipkan tahanannya di Polresta Jayapura, karena tidak mengambil langkah sebelum sejak awal pandemi corona, dan sebelum terjadi penyebaran di kalangan para tahanan itu,” kata Laurenzus Kadepa melalui panggilan teleponnya, Jumat (29/5/2020).

Ia mengatakan, sejak awal seharusnya pihak yang menitipkan tahanannya di Polresta Jayapura melakukan langkah antisipasi.

Misalnya tahanan yang terlibat kasus ringan dengan ancaman hukuman dibawah lima bulan dibebaskan, dengan mengikuti prosedur yang ada.

Sementara tahanan yang terlibat kasus kategori sedang dan berat, penahanannya sebaiknya ditangguhkan sementara waktu sambil menunggu proses persidangan di Pengadilan.

Jika tidak, lembaga yang menitipkan tahanannya di Polresta Jayapura mesti menyiapkan tempat yang memadai untuk memindahkan tahanannya agar tidak terdampak corona, mengingat terbatasnya kapasitas ruang sel tahanan Polresta Jayapura.

Loading...
;

“Tapi semua itu tidak dilakukan. Sekarang buktinya sudah puluhan orang disebut positif corona. Ini kelalaian lembaga yang menitipkan tahanannya di Polresta Jayapura, karena hak tahanan juga mesti dipenuhi,” ujarnya.

Pada pertengahan pekan lalu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Nyoman Sri Antari mengatakan jumlah tahanan di Polresta Jayapura yang positif Covid-19 sebanyak 43 orang.

Sebelumnya, dilakukan tes cepat terhadap 90 orang tahanan di Polresta Jayapura dan hasil tes cepat 40 tahanan dinyatakan reaktif. Hasil pemeriksaan swab terhadap 40 itu dinyatakan positif.

“Kemudian diputuskan melakukan swab tes terhadap semua tahanan dengan pertimbangan para tahanan melakukan kontak erat selama berada dalam sel. Dari hasil uji laboratorium dengan metode PCR sudah ditemukan 43 tahanan yang positif Covid-19,” kata Nyoman Sri Antari ketika itu.
Menurutnya, kondisi para tahanan yang dinyatakan positif corona itu dalam keadaan stabil dan tidak menunjukkan gejala. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top