Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Puskesmas dan rumah sakit di Mimika laporkan penambahan PDP dan ODP

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Pemkab Mimika untuk Percepatan Penanggulangan COVID-19, Reynold Ubra – Jubi/ANTARA
Puskesmas dan rumah sakit di Mimika laporkan penambahan PDP dan ODP 1 i Papua
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Pemkab Mimika untuk Percepatan Penanggulangan COVID-19, Reynold Ubra – Jubi/ANTARA

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Timika, Jubi – Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Mimika, Reynold Ubra mengatakan hingga saat ini masih ada temuan PDP, DOP maupun OTG di Kabupaten Mimika.

Reynold menyatakan PDP yang baru ditemukan sebanyak sembilan orang yang dilaporkan oleh RSMM Timika sebanyak lima orang dan RS Tembagapura sebanyak empat orang. Dengan demikian jumlah PDP di Mimika seluruhnya sebanyak 71 orang.

“Adapun jumlah ODP baru di Mimika sebanyak 14 orang, dilaporkan oleh RSUD Mimika satu orang, RSMM Timika dua orang, RS Tembagapura satu orang, Puskesmas Bhintuka lima orang dan hasil tracing kontak lima orang. Total ODP di Mimika hingga saat ini sebanyak 337 orang,” kata di Timika, Selasa (5/5/2020),

Sementara temuan OTG baru di Mimika sebanyak 15 orang, dilaporkan oleh RSUD Mimika satu orang, Puskesmas Bhintuka dua orang, Public Service Center (PSC) 119 sebanyak empat orang dan hasil tracing kontak sebanyak delapan orang. Total OTG di Mimika hingga saat ini sebanyak 769 orang.

Saat ini Shelter Wisma Atlet Timika masih mengisolasi sebanyak tujuh ODP dan 22 OTG. Selain itu di lokasi itu juga menjadi tempat isolasi sejumlah pasien positif Korona dan PDP.

Kabupaten Mimika telah mengirim sebanyak 129 sampel spesimen swab ke Laboratorium Balitbangkes Provinsi Papua di Jayapura untuk pemeriksaan real time PCR.

Loading...
;

Dari 129 sampel spesimen swab yang dikirim ke Jayapura itu, sebanyak 87 sampel dinyatakan positif korona dan 33 sampel dinyatakan negatif.

“Sampai sekarang kami masih menunggu konfirmasi sembilan sampel lagi,” kata Reynold.

Dari 87 kasus positif korona di Mimika, sebanyak 71 pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit yaitu di RSUD Mimika dan Shelter Wisma Atlet Timika sebanyak 23 orang, sementara di RS Tembagapura sebanyak 48 orang.

Kondisi para pasien yang dirawat dan diisolasi tersebut dilaporkan stabil, bahkan banyak diantaranya cukup sehat dengan tanda dan gejala ringan.

Reynold meminta masyarakat Kabupaten Mimika tetap mengikuti berbagai protokol yang dikeluarkan oleh pemerintah guna mencegah dan menghindari diri dari paparan virus korona.

Hal-hal yang harus dilakukan yaitu menjaga pola hidup sehat dan bersih, tetap tinggal di rumah dan jika terpaksa harus keluar rumah maka wajib menggunakan masker.

“Cara pencegahan COVID-19 yang paling mudah yaitu masyarakat harus tetap tinggal di rumah, kemudian melakukan social distancing dan physical distancing, mencuci tangan pakai sabun pada air mengalir, jangan lupa tetap berolahraga, menjaga pola makan dan istirahat,” imbaunya.

Reynold juga meminta warga Mimika mewaspadai kondisi cuaca di wilayah itu yang kini memasuki musim hujan hingga beberapa bulan ke depan. Selama musim hujan, katanya, kasus infeksi saluran pernapasan atas seperti batuk pilek di Mimika meningkat drastis.

Selain itu, warga setempat juga diminta untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari infeksi malaria, mengingat Mimika hingga kini masih menjadi salah satu daerah endemis malaria di Papua maupun di Indonesia.(*)

Editor: Angela Flassy

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top