Follow our news chanel

Previous
Next

R-Inpres Baru PON XX/2020 diharapkan rampung November

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraha dan Pemuda (Kadisorda) Papua, Alexander Kapisa (kiri), saat meninjau pembangunan Stadion Papua Bangkit, belum lama ini - Jubi/Roy Ratumakin
R-Inpres Baru PON XX/2020 diharapkan rampung November 1 i Papua
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraha dan Pemuda (Kadisorda) Papua, Alexander Kapisa (kiri), saat meninjau pembangunan Stadion Papua Bangkit, belum lama ini – Jubi/Roy Ratumakin

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraha dan Pemuda (Kadisorda) Papua, Alexander Kapisa, berharap Rancanagan Instruksi Presiden (R-Inpres) baru tentang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 dan Pekan Paralimpik Nasional (PEPARNAS) XVI rampung di bulan November 2019.

“Sebelumnya kan Inpresnya masih satu yaitu untuk pelaksanaan PON, Peparnas, dan Popnas. Karena Peparnas dan Popnas dipindahkan di luar Papua, maka harus ada Inpres baru untuk memisahkannya, agar ada legalitas hukumnya,” kata Kapisa kepada wartawan, Senin (4/11/2019).

Dikatakan, saat ini pemerintah tengah serius melakukan kesiapan PON XX/2020 di Papua.

“Inpres PON masih dalam pembahasan, kita memisahan rancangan Inpres PON dan Peparnas 2020 di Papua. Kita tidak bisa satukan event PON dan Peparnas dalam satu Inpres, pisahkan dulu agar justifikasi hukumnya jadi lebih jelas,” ujarnya.

Kata Kapisa, dalam Inpres baru tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) mempunyai tanggung jawab untuk membangun dua venue baru dan menggunakan mata anggaran dari APBN dengan estimasi penyelesaian pengerjaan pada bulan Juli 2020.

“Dua venue itu untuk cabor Sepatu Roda dan Panahan. Selain itu juga Kementerian PUPR juga akan melakukan penataan kawasan di lokasi venue Doyo dan Kampung Harapan Sentani, Kabupaten Jayapura,” katanya.

Loading...
;

Kapisa pun memastikan bahwa Inpres baru PON ini akan ditandatangani oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam waktu dekat, mengingat Kementerian PUPR sedang menunggu untuk membangun dua venue PON Papua.

“Bulan ini (November) Inpres PON sudah harus selesai, karena teman-teman di Kementerian PUPR akan mendorong proses lelang bagi pekerjaan dua venue. Memang kami harus kejar agar Inpres tersebut bisa keluar dengan cepat,” katanya.

Project Manager Venue Akuatik, Istora, Hoki dan Kriket, Anggoro Putro, saat ditemui di kompleks Istora beberapa waktu lalu mengatakan hingga saat ini capaian progres sangat menggembirakan dalam penyelesaian venue-venue yang ditugaskan kepada pemerintah pusat.

Anggoro pun optimis bahwa venue-venue yang sedang disiapkan dapat selesai tepat waktu. “Istora kami targetkan selesai pada akhir Juni 2020 dan aquatic pada akhir Juli 2020,” ujarnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top