Follow our news chanel

Raja Thailand sering ke Jerman saat protes melanda negaranya, ini pernyataan Berlin

Ilustrasi diplomasi, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Jerman sangat yakin Raja Thailand Maha Vajiralongkorn sejauh ini tidak menjalankan urusan politik negaranya selama tinggal di sana.  Pemerintah Jerman mungkin akan mengizinkan Raja Thailand sesekali memerintah negaranya dari sana, asalkan tidak dilakukan terus-menerus.

“Pemerintah Jerman berpandangan bahwa raja Thailand masih belum menjalankan urusan negaranya secara terus menerus,” kata seorang anggota parlemen Jerman usai mendapat pengarahan dari pemerintah, Kamis, (29 /10/2020).

Berita terkait : Demonstrasi tak terbendung, PM Thailand janji cabut status darurat 

Terus didemo, Perdana Menteri Thailand mulai melunak 

Unjuk rasa menuntut reformasi, Thailand terapkan status darurat

Terkait status raja, pemerintah Jerman mengatakan kepada komite bahwa Maha Vajiralongkorn memiliki visa yang memungkinkannya untuk tinggal di sana selama beberapa tahun sebagai pribadi dan bisa menikmati kekebalan diplomatik sebagai kepala negara.

Loading...
;

Thailand saat ini sedang bergejolak. Pada Senin, (26/10/2020), demonstran meminta pemerintah Jerman menyelidiki apakah Raja Maha Vajiralongkorn telah menjalankan roda pemerintahan negaranya seperti penandatanganan perintah kerajaan dan tindakan pengeluaran tahunan saat dia berada di Jerman.

Sebelumnya Jerman sempat menyatakan bahwa Raja Thailand tidak diperbolehkan melakukan aktivitas politik di sana. Sedangkan Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas menjelaskan pihaknya sedang memeriksa aktivitas Maha Vajiralongkorn selama tinggal di Bavaria.

Krisis politik di Thailand telah membuat posisi Raja Maha Vajiralongkorn yang sering berada di Jerman menjadi tantangan bagi negara itu. Sebab bila Jerman mencabut visa seorang kepala negara yang berkunjung, itu bisa menyebabkan insiden diplomatik besar.

“Sangat jelas bahwa banyak yang menganggap apa yang dilakukan Raja Thailand sangat bermasalah, tapi pemerintah mengatakan itu belum menjadi masalah urusan negara yang berkelanjutan,” kata sumber itu. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top