Follow our news chanel

Rancangan resolusi PBB kecam pencaplokan Israel

PBB Papua
PBB, pixabay.com
Rancangan resolusi PBB kecam pencaplokan Israel 1 i Papua
PBB, pixabay.com

Resolusi sebagai  teguran terhadap usulan perdamaian Presiden Donald Trump yang pro-Israel

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Washington, Jubi – Rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB, pada Selasa, (4/2/2020) kemarin  mengecam rencana Israel untuk mencaplok permukimannya di Tepi Barat. Resolusi sebagai  teguran terhadap usulan perdamaian Presiden Donald Trump yang pro-Israel.

Rancangan teks yang diedarkan oleh Tunisia dan Indonesia kepada anggota dewan, tampaknya akan menghadapi veto AS. Namun tetap saja memberikan beberapa pandangan para anggota atas rencana perdamaian Trump yang diumumkan pekan lalu.

Baca jugaIran minta PBB kecam Israel terkait kegiatan nuklir

Nauru terima bantuan Israel sebelum sidang PBB

PBB dan Uni Eropa Kutuk Langkah Israel Terkait Pemukiman di Palestina

Loading...
;

Para diplomat menyebutkan perundingan mengenai teks tersebut sepertinya akan dimulai akhir pekan ini. Presiden Palestina Mahmoud Abbas diperkirakan akan membahas rencana tersebut kepada dewan pekan depan, mungkin bersamaan dengan pemungutan suara rancangan resolusi tersebut.

Resolusi itu menekankan tidak sahnya pencaplokan bagian mana pun dari wilayah Palestina yang diduduki dan mengecam pernyataan baru-baru ini yang menyerukan pencaplokan wilayah ini oleh Israel.

Rencana Trump, yang merupakan hasil upaya tiga tahun penasihat senior Jared Kushner, akan mengakui otoritas Israel atas permukiman tersebut dan akan meminta Palestina memenuhi serangkaian syarat yang begitu sulit untuk diizinkan mendirikan sebuah negara, dengan ibu kotanya di desa Tepi Barat, timur Yerusalem.

Kushner akan memberikan pemaparan singkat soal rencana tersebut kepada duta besar Dewan Keamanan pada Kamis pekan lalu. Sementara rakyat Palestina menolak rencana tersebut, sejumlah pemerintah Arab mengatakan rencana itu merupakan titik awal untuk pembaruan perundingan yang terhenti lama. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top