Follow our news chanel

Previous
Next

Rangkaian Pilkada serentak 2020 di Papua Barat berjalan sesuai tahapan

Papua
Ketua KPU Provinsi Papua Barat, Paskalis Semunya. (Jubi/Hans Arnold Kapisa)

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat, Paskalis Semunya, mengatakan penetapan calon dan nomor urut pada Pilkada 2020 serentak di Papua Barat pada tanggal 23 dan 24 September telah berjalan sesuai tahapan.

Dari 9 (sembilan) daerah yang melaksanakan Pilkada serentak, hanya KPUD Manokwasi Selatan (Mansel) yang melaporkan penundaan tahap penetapan calon dan nomor urut.

“Laporan yang kami terima, bahwa KPUD Mansel telah melakukan pleno penundaan tahapan [penetapan calon dan nomor urut], karena kontestas tunggal di Pilkada Mansel masih menyelesaikan masa karantina,” ujar Semunya, kepada Jubi melalui ponselnya, Kamis (24/9/2020) malam.

Dikatakan Semunya, bahwa dalam PKPU No.10 tahun 2020, regulasi memberi kesempatan bagi kontestan (paslon) terkait, sehingga KPUD setempat wajib melakukan penundaan pemeriksaan kesehatan.

“Jika hasil pemeriksaan kesehatan paslon sudah lengkap, maka setelah 14 hari (masa karantina), KPUD bisa lanjut penetapan calon dan nomor urut,” katanya.

Adapun 8 (delapan) KPUD yang yang telah menetapkan calon dan nomor urut, yaitu KPUD Manokwari dua paslon, Bintuni dua paslon, Wondama empat paslon, Sorsel empat paslon, Fakfak dua paslon, Kaimana dua paslon, Pegaf satu paslon, dan Raja Ampat satu paslon.

Di tempat terpisah, Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Tornagogo Sihombing, menegaskan kepada jajaran Polres di wilayah hukum Polda Papua Barat khususnya, 9 daerah pelaksana Pilkada serentak, untuk memastikan terlaksananya maklumat Kapolri tentang disiplin protokol kesehatan pada seluruh tahapan Pilkada serentak 2020.

Loading...
;

“Sebagai tindak lanjut dari Inpres No.6 Tahun 2020, maka Kapolri telah mengeluarkan maklumat untuk dipatuhi dan dilaksanakan seluruh perangkat Negara, dalam pengawalan jajaran Polri di daerah, termasuk di wilayah hukum Polda Papua Barat,” ujar Tornagogo, dalam sebuah kegiatan belum lama ini. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top