Ratusan guru kontrak di Merauke tidak terima gaji selama tujuh bulan

Rakes Manufandu, perwakilan guru kontrak sedang memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan. – Jubi/Frans L Kobun

Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi- Kurang lebih 500-an guru kontrak baik yang mengantongi SK Bupati Merauke maupun SK kepala dinas serta kepala sekolah, tidak menerima gaji selama tujuh bulan lamanya sejak Januari 2021. Padahal mereka mengaku telah melaksanakan tugas secara rutin setiap hari.

Karena mereka merasa selalu dipersulit oleh pejabat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, maka mereka langsung mengadukan hal ini kepada Bupati Merauke, Romanus Mbaraka. Hanya saja pada pertemuan bersama bupati, Rabu (14/7/2021), dilakukan secara tertutup dan tak diizinkan diliput awak media. Mereka yang bertemu bupati hanya beberapa perwakilan saja.

Perwakilan para guru kontrak, Rakes Manufandu, usai pertemuan mengatakan, hampir setiap hari mereka datang ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, sekaligus bertemu kepala dinasnya, Tiasoni Betaubun. Hanya saja jawabannya selalu mengambang dan tak ada kejelasan.

“Kami hanya dijanjikan untuk menunggu dan gaji akan ditransfer melalui rekening. Namun sampai sekarang, tak kunjung direalisasikan. Padahal para guru sudah melaksanakan tugasya dengan baik selama ini,” ungkapnya.

Oleh karena tak kunjung ada kejelasan, ratusan guru kontrak bersepakat menemui Bupati Merauke, Romanus Mbaraka sekaligus menanyakan secara langsung. “Kami sudah bertemu Pak Bupati Merauke tadi dan menyampaikan persoalan tentang gaji guru kontrak yang belum dibayar selama tujuh bulan dan telah direspons dengan baik,” ujarnya.

Ditambahkan, guru kontrak yang mengantongi SK Bupati Merauke sekitar 150 orang, sedangkan guru kontrak baik SK kepala dinas maupun kepala sekolah sekitar 350 orang.

Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, Dominikus Ulukyanan mengatakan, langkah yang dilakukan para guru kontrak sangat tepat, dengan bertemu langsung Bupati Merauke.

Loading...
;

“Memang bagaimanapun juga, apa yang menjadi hak para guru agar dibayarkan. Karena mereka telah melaksanakan tugas selama ini,” ujarnya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top