Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Ratusan mahasiswa Papua gelar aksi tuntut 7 Tapol dibebaskan

papua, Tapol
Mahasiswa Uncen saat melakukan aksi rasa damai di putaran Taksi P3 Waena, 17 Juni 2020. Mereka menuntut pemerintah Indonesia membebaskan 7 Tapol di Balikpapan - Jubi/Hengky Yeimo
Papua No.1 News Portal

Jayapura, Jubi – Mahasiswa yang tergabung dalam Solidaritas Mahasiwa Papua menggelar aksi damai. Mereka menuntut agar 7 tahanan politik Papua yang hari ini  menjalani sidang pembacaan putusan, segera  dibebaskan.

“Kami melakukan aksi hari ini menuntut pembebasan 7 tahanan politik yang ditahan di Kalimantan, sebelum putusan jatuh” kata Koordinator Aksi Kampus Uncen Bawa, Nare Yoris Rabu (17/6/2020).

Nare mengatakan, aksi ini bentuk dukungan mahasiswa terhadap 7 Tapol Papua. “Aksi kami tidak ditunggangi oleh siapapun tapi ini murni dari mahasiswa Uncen. Ini murni aksi dari mahasiswa untuk menolak dakwaan yang didakwakan kepada 7 Tapol ini tidak sesuai dengan aspirasi yang mereka sampaikan ke pemerintah Republik Indonesia,” tegasnya.

Nare mengatakan, mereka adalah korban dari rasisme. Bukan pelaku perusakan . Tapi ini murni aksi menolak rasisme yang dialamatkan kepada orang Papua.

“Kami sebelum ke fakultas melakukan aksi untuk menuntut kepada JPU. Agar dalam putusan sebentar untuk segera memberikan putusan bebas bagi 7 Tapol,” katanya.

Koordinator lapangan aksi solidaritas mahasiswa Papua, Otea Busop meminta kepada Presiden Republik Indonesia untuk membebaskan seluruh tahanan politik di Republik Indonesia khususnya 7 tahanan politik dan tahanan politik lainnya.

“Aksi yang kami gelar di Abepura ini, sesuai dengan prosedur yang telah kami ajukan ke pihak kepolisian,” katanya.

Loading...
;

Berdasarkan pantauan Jubi di lapangan ratusan mahasiswa di Jayapura yang tergabung didalam solidaritas mahasiswa Papua menggelar aksi damai di kampus Uncen dan mereka long march menuju ke abepura dan akan melakukan aksi damai di Abepura.

Sementara itu aparat kepolisian melakukan penjagaan ketat. Polisi juga menggelar sweeping di depan densipur Jalan Raya Abepura Sentani. Aksi dengan tuntutan serupa juga digelar di pelbagai Kota di Indonesia, di antaranya di Jakarta, Malang, Yogyakarta, Bogor, Bandung, dan Balikpapan (*)

Editor: Syam Terrajana

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top