HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Ratusan relawan kesehatan disiapkan bantu tenaga medis tangani korona di Papua

Ilustrasi APD untuk perawatan pasien Covid-19 - Pexels.com.
Ratusan relawan kesehatan disiapkan bantu tenaga medis tangani korona di Papua 1 i Papua
Ilustrasi APD untuk perawatan pasien Covid-19 – Pexels.com.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan Papua, Lesman Tabuni mengatakan, ada 168  tenaga relawan kesehatan untuk membantu tenaga medis di 16 Kabupaten dan Kota di Papua, yang terdampak kasus Covid-19.

Tenaga relawan tersebut akan digaji berdasarkan kinerja mereka selama delapan bulan berada di lapangan.

Ratusan relawan kesehatan disiapkan bantu tenaga medis tangani korona di Papua 2 i Papua

“168 orang terdiri dari 48 Dokter, 96 para medis, 14 tenaga epidemiologi dan 10 tenaga Gizi. Hak dan kewajibannya honornya akan jadi tanggung jawab oleh pemerintah. Mereka akan dikirim ke kabupaten terdampak,” katanya kepada Jubi di halaman kantor dinas kesehatan Provinsi Papua, Jumat, (29/2/2020).

Daerah terdampak itu adalah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Nabire, Kabupaten Paniai, Kabupaten Deiyai, Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Waropen, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Yahukimo, Mamberamo Tengah.

“Kami akan lihat dari daerah intensif dan kerumitan itu berbeda. Kami akan memberikan hak mereka dalam bentuk insentif dan honor mereka setiap bulan sepanjang mereka ada di lapangan,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Papua, Roby Kayame menyatakan para dokter dan epidemiolog berusia muda dan satgas kaki telanjang dan terapung itu akan memudahkan mereka membantu tenaga medis di daerah tempat mereka akan ditugaskan.

Loading...
;

“Kami merasa perlu adanya regenerasi tenaga medis. Mereka ini tenaga medis yang sudah kami siapkan, dan akan diterjunkan ke daerah yang membutuhkan tenaga dokter maupun Satgas Kaki telanjang yang memahami epidemiologi dan perawat. Itu sangat dibutuhkan pada masa Covid-19,” kata Kayame.

Kayame mengingatkan para tenaga medis yang bertugas di daerah terpencil untuk terus bersemangat menghadapi tantangan dan kesulitan yang akan ditemui di lapangan.

“Saya harap calon anggota Satgas Kijang Terapung meninggalkan kebiasaan hidup di kota, dan mampu menyesuaikan diri dengan masyarakat di kampung. Apabila tiba di kampung, kalian harus menyesuaikan diri dengan masyarakat, mereka tidak hanya menjadi medis, tetapi juga bisa mengajar anak-anak yang membutuhkan guru,” imbuhnya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa